Skip to main content

Kue Soes.. si kue bersejarah dalam hidupku..

Soes vla vanilla topping keju parut

Kue soes... Pasti udah pada tau dan pernah makan dong yaa.. Kue yang enakk..dengan kulit yang gurih dan filling yang lumer di mulut. Umumnya manis, namun ada juga yang fillingnya ragout yang cenderung gurih.. Dan ada juga kue soes yang kering..

Kenapa kok bisa kue soes ini bersejarah dalam hidupkuuh..?? hehe, begini ceritanyaaa..

Dahulu kala, saat aku belum menikah, aku sama sekali nggak pernah tahu dan nggak pernah tertarik untuk bikin kue. Tahunya ya cuma makan aja.. Nggak pernah sedikitpun terbersit keinginan untuk belajar, atau sekedar melihat orang yang sedang bikin kue. Pokoknya nggak minat samsek dehh..! Dalam benakku, bikin kue itu pasti ribet, rentan gagal, dan cuma orang-orang yang jagoan aja yang bisa sukses bikin kue seperti nenekku yang kue bolu pandannya paling enakkk sejagad raya itu..

Sampai akhirnya, menikahlah aku dengan seorang pria yang paling ganteng sedunia (hi there, papa! ^^). Suamiku itu dari kecil sudah terbiasa makan kue bikinan sang Mama. Ibu mertuaku memang hobinya baking, bikin kue dan makanan-makanan kecil untuk keempat anaknya. Hwaduhh...gawatt niihh, gimane kalo si doi minta bikinin kue buatanku yaakk... pegang mikser aja daku belum pernah.. eh pernah ding, waktu umur 5 tahun rebutan pegangin mikser sama sepupuku, ngerusuhin nenek yang lagi bikin kue..hehehe

Sempat ada juga terbersit sedikit keinginan untuk belajar, apalagi pas penganten baru.. Rasanya apapun bakal dilakukan dehh demi image yang baik dimata suami (hahahah ketahuan..!). Namun karena sebulan kemudian aku langsung hamil, ditambah lagi memang kurang tertarik dari sononyo.. Ya suutt, keinginan tinggallah keinginan... (apa hubungannya ya hamil sama gak bisa belajar bikin kue?)

Sampai pada suatu masa, inget banget waktu itu sedang hamil Ano, sekitar akhir tahun 2008. Aku diberi oven oleh Mama Mertua. Ovennya jenis oven tangkring, yang ditaro diatas kompor gitu. Setelah oven itu nyampe dirumah, langsung dimasukin gudang atas..hehehe.. soalnya berasa menuh-menuhin dapur karena gak bakalan dipake juga, setidaknya dalam waktu dekat. Tapi ternyata suamiku pingin menggunakan si oven itu katanya. Si Papa pingin bikin kue soes yang udah lama diidam idamkannya. Kue soes yang resepnya diambil dari buku resep sang Mama. Apaaa..?? Emang Papa bisaa..??  Bisa laahhh, katanya.. Dulu pas masih kecil kan sering bantuin Mama bikin kue soes...

Ternyata doi bisa, sodara sodara... Si kue soes mengembang dengan sempurna, rasanya ya persis rasa kue soes.. Hihihih.. Aku langsung takjub.. Eehh, ternyata kok segampang itu yah.. Perasaan tadi si Papa cuma ngaduk ngaduk doang..trus disemprit ke loyang..trus dioven..trus udah aja gitu.. jadi..! Gak susah kok yaa.. dan setelah kuenya jadi, rasanya kok seneng banget gitu.. puasss dan bahagiaa... ^^ hihihih..

papa dan hasil karyanya

Setelah kejadian itu, mulailah terbuka mataku bahwa ternyata bikin kue gak seribet dan sesusah itu kook.. Dan mulailah aku mencoba coba sendiri membuat kue dari oven hibahan yang akhirnya berguna itu. Awalnya bikin yang simpel simpel kayak kue soes ini, kue bolu, cupcake.. lama lama naik level ke brownies kukus,kue kering, blackforest, japanese cheesecake, sacher torte, red velvet, tiramisu,dll. Mulai ikut milis Natural Cooking Club, mulai sering sering browsing resep, sering sering nonton tutorial di youtube.. Sampai akhirnya pesanan Birthday Cake yang besar dan dekorasinya agak rumit, nekat aku terima karena sudah merasa pede dalam hal baking membaking.. Hihihi..fyuuuuhh...akheernyaaah...

Naah, sodara sodaraa..yang berpikiran sama denganku dulu, bahwa bikin kue itu susah dan ribet..yuuk dicobain dulu..Awalnya memang berasa ribet siihh, but trust me..kalo udah terbiasa..cincaii bangett kook.. Kayak aku dulu pas belajar bikin soes ini, ampyuuun dehh..keringetaaan...dapur juga berantakaann kayak abis perang dunia.. tapi setelah banyak berlatih..alhamdulillah sekarang bikin soes sambil merem juga jadi looh.. (hakhakhak..hiperbola kalo yang ini..)

Okee..sekarang aku share resep soes nya yaa.. Ini resep yang sering aku bikin di rumah..

soes siram coklat

soes salju filling krim coklat


Resep kulit soes dari Mama mertua

200 ml air
100 gr margarine
100 gr terigu
3 butir telur


Resep kulit soes by NCC

Bahan:
200 ml air
125 gr Margarine
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu
4 btr telur

Cara membuatnya:
  1. Masak air, mentega dan gula hingga mendidih.
  2. Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga kalis, angkat, dinginkan.
  3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
  4. Masukkan adonan kedalam plastic segitiga, semprotkan diatas loyang yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung.



VLA soes by budi sutomo

Bahan :
300ml susu cair
4 sdm tepung maizena
2 sdm tepung terigu
75 gr gula pasir
2 butir kuning telur
1 sdm mentega
1/4 sdt pasta vanili
1/4 sdt garam

Cara membuatnya :
Larutkan tepung maizena,tepung terigu,gula,garam dan susu tawar cair. Semua bahan tersebut dimasak sampai mendidih, kental dan matang. Campuran bahan tersebut kemudian diangkat selagi panas, kemudian ditambah mentega, vanili, dan kuning telur. Diaduk rata. Vla didinginkan dan siap digunakan.


Selain vla, aku juga suka bikin soes dengan filling krim coklat. Pake resep begini :
- 200 gram whip cream bubuk
- 400 cc air es
- 600 gr dark cooking chocolate dilelehkan

cara : kocok whip cream bubuk dan air es sampai kaku. lalu masukkan coklat leleh yang sudah tidak panas lagi, sambil tetap dimikser. Mikser sampai rata. Siap diisikan ke kulit soes.

Mau tahu tips sukses membuat kue soes.. ini diaa...
  • Selalu gunakan tepung terigu protein tinggi
  • Selalu gunakan bahan berkwalitas prima.
  • Masak air dan mentega hingga mendidih benar, lalu masukkan tepung sekaligus, aduk rata dan cepat.
  • Dinginkan, baru kemudian masukkan bahan telur. Ini dimaksudkan supaya telur tidak langsung matang terkena adonan panas. Lalu kocok.
  • Cetak kue sus meggunakan spuit besar misalnya no. 1M, atau 1B, atau cetak menggunakan sendok atau menggunakan cetakan muffin
  • Panggang dengan oven suhu tinggi 200 s/d 225’C, sampai coklat kekuningan dan tidak terlihat busa keluar. Kering. Ingat pada saat memanggang, oven tidak boleh dibuka.
    Lakukan semua step dengan seksama dan gembira, pasti kue sus akan mengembang cantik. Tips ini saya ambil dari sini 
Happy Baking yaa... ^^




Comments

  1. Haii mba, masih aktif ngga ya kira-kira reply blognya hehe.. mau tanya, saat ngoven, di rak tengah dengan api besar berarti ya? Kira-kira di rak paling bawah perlu ditaruh loyang juga ngga ya supaya panasnya ngga heboh khas otang gitu.. terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii mba.. rak bawah boleh juga ditaro rak kalo kuatir kepanasan. Tapi harus make sure panasnya cukup yaa.. terima kasih sudah mampir, salam..

      Delete
  2. ini merek otangnya apa yaaa mba ? aku pgn beli otang tp masih bingung merek apa yang bagus..
    dari dulu penasaran pgn bikin kue sus pake otang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini otangnya dapet dari mertua, mba. Beliau bikin di Kalimantan katanya, jadi ngga bermerk. Baguss, bahannya tebal. Nah kalau otang yang ada di pasaran sepertinya merk Hock lumayan bagus..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Keluarga di Ciater Camping Park ( Part 1)

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga liburan bareng sepupu2. Udah lamaa direncanakan, tapi tau sendiri deeh gimana susahnya ngatur skejul. Jangankan liburan yang nginep, mau ketemuan aja jarang2 bisanya, padahal cuma 3 keluarga loh inii. Duh duuuh nasib orang Jakarta yaa.. Setelah silaturahim pas lebaran kemarin,  kamipun sepakat untuk merencanakan lagi liburannya dengan serius. Lalu kami membuat WA grup dan diskusi dilanjutkan di sana. Awalnya kami merencanakan liburan ke Teluk Kiluan di Lampung, pas lihat peta loh kok jauh. Trus ganti tujuan ke Ujung Kulon, eh masih berasa jauh juga. Ganti lagi ke Anyer, ah kayaknya kurang sreg. Pindah tujuan ke Garut, tapi kok ngga nemu tempat nginep yang sesuai kemauan kita.  Akhirnya setelah browsing2 lagi, ketemulah si Ciater Camping Park ini di blognya tesyaskinderen dan aku langsung jatuh hati.  Langsung deh aku lempar ke grup dan direspon baik oleh yang lain. Sebelum berubah pikiran lagi, cusss ketok palu deh.. Bismillah, kita campi

My Umroh Journey (Part 3)

Day 3, Pemaknaan Kota Mekkah-Berkunjung ke Peternakan Unta-Ambil Miqot di Hudaibiyah-Umroh yang kedua. Hari selanjutnya, kami dijadwalkan mengikuti pemaknaan kota Mekkah di suatu gedung pertemuan, kemudian mengunjungi peternakan unta dan mencicipi susu unta segar, serta mengambil miqot di mesjid Hudaibiyah yang tak jauh dari peternakan unta dan kemudian langsung menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umroh yang kedua. Menurut perkiraan, hari ini seharusnya adalah tanggal 1 Ramadhan. Namun ternyata semalam setelah menunggu2 pengumuman dari pemerintah Arab Saudi, 1 Ramadhan ternyata jatuh pada besok harinya. Padahal semalam setelah makan malam kita langsung ngacir ke mesjid bersiap2 hendak sholat taraweh. Pagi2 setelah sarapan, kami lalu berkumpul di lobby kemudian berangkat naik bus ke gedung pertemuan. berkumpul di lobby  Itulah pertama kali aku menyaksikan suasana kota Mekkah pada siang hari di luar area hotel dan Masjidil Haram. Disana sini masih banyak re

“The Playground” and ”Playparq”, the best place for a superfun playdate ever..!

Bosen ngajak anak2 ke mall? Ho oh, sammaaa..! Pinginnya ke suatu tempat yang beda gitu.. yang outdoor, yang anak2 bisa main bebas lepas menyalurkan energi tanpa kena hawa AC melulu.. Untungnya saya nemu sebuah cyber forum yang sedang ramai membahas tentang sebuah tempat bermain outdoor untuk anak di Jakarta. Ada dua tempat yang sepertinya sangat direkomendasikan oleh forum tsb. Yes… The Playgorund dan Playparq , yang keduanya terletak di daerah Kemang. Maka meluncurlah kami kesana. Yang pertama kami datangi adalah The Playground. Pertama kali kesana sekitar awal tahun 2011. Lalu yang kedua, April 2013 kemarin, pas Ano ulangtahun yang ke-4. The Playground The Playgorund ini sungguh teramat sangat menyenangkan untuk anak2 usia 2-8 tahunan. Begitu masuk, kami langsung terpaku melihat tempatnya yang begitu bersih, colourful, dan rindang. Permainannya bermacam2, dan standar safetynya pun sudah standar luar negeri. Lantai dialasi karpet tebal dan anti slip. Area permainan pun di