Skip to main content

Japanese Cheesecake


Inget banget dulu pas pertama kali mulai getol belajar baking, rasanya pingiiiiin banget nyobain bikin cake yang satu ini. Padahal sama sekali belum pernah ngerasain, tapi kok dari lihat fotonya aja kayaknya ini kue enaakk bangeett..jadi ngerasa tertantang untuk belajar bikinnya..tapi kok agak minder..tapi kok penasaran.. hihihih.. lebaiy..

Akhirnya saya memberanikan diri. Harus bikin kue ini pada anniversary pernikahan kami yang ke 4 waktu itu. Ternyata gagal total sodara sodara.. apinya kekecilan dan pintu ovennya kurang rapet nutupnya., sehingga si kue gak mateng mateng. Hampir 2 jam belum mateng juga.. akhirnya gak sabar, saya keluarin dari oven trus waktu dilepas dari loyang, hancurlah kue itu dengan suksesnya..hihihii..mau nangisss tapi gimana lagiih.. akhirnya si kue nan hancur lebur saya masukkan ke aluminium cup, trus taro whipped cream, taro stroberi..lumayan lah..jadi kayak eskrim cake gitu hehehe..

si JCC yang gagal, tapi tetepp yummyyy... ^^


gak nyerah gitu aja doong..secaraaa masih penasaran abeess.. Waktu pertama nyoba bikin itu, rasa kuenya udah enakkk bangeetss, masalah utamanya cuma karena kurang mateng doang. Maka baiklahh,kali ini akan saya naikkan temperatur ovennya, dan kali ini pintu oven saya ganjel pake sapu biar gak renggang lagi.. Dan alhamdulillaaah..kuenya mateng dengan sukses, cantiik dan enaaakkk... ^^ Mertua saya yang saat itu lagi ada di Jakarta dan ikut nyicipin juga sukaa, saya dipuji puji gitu dehhh... Uhuiii, kebayang yaa gimana senangnya dipuji mama mertuaa.... ^^

JCC percobaan kedua, sukses..! walopun atasnya agak terlalu coklat karena napsu banget gedein api ovennya
Trus besok besoknya udah pede dehh bikin JCC nya. Malah berbuah orderan dari temen temen.. salah satunya JCC ini, orderannya Erly.. Erly request JCC dengan selai blueberry dan topping stroberi..




Naah untuk yang pingin nyoba bikin, ini saya share resepnya yaa.. Beneran gak susah kook... Kalo gagal, ya coba bikin aja lagii... Soalnya ini kue emang enakkkk.. lembyuutt membelai lidah dengan rasa susu dan lemon yang klopp.. plus apricot glaze sebagai topping yang menambah sensasi 'seger'.. worth to try laah..

here you go..!

Japanese Cheesecake
Dari buku "35 Variasi Resep-Resep Cheesecake" (cheesecake a la Jepang)
by. Yasa Boga


Campur & Ayak :

50 gr tepung terigu serbaguna
50 gr tepung maizena

Bahan :

60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruangan
120 ml whip cream
3 kuning telur
1 btr telur
2 sdt kuning jeruk lemon parut
5 putih telur
1/8 sdt garam
125 ml gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon

Topping :

2 sdm selai apricot
2 sdm air

  • Siapkan loyang, alasi kertas roti, olesi mentega, pasang oven 150 C.
  • Campurkan mentega, creamcheese, dan whip cream dalam wadah, didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
  • Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
  • Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit-sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
  • Tuang 1/3 adonan putih telur kedalam adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata dengan cara aduk balik. Tuang adonan ini ke loyang, panggang dengan cara au bain marie +/- 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
  • Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake.
Good luck and have fun yaa.. ^^

Comments

  1. jeng jeng... halah pk jeng :-p
    inuk baru ngeh resep jcc versi ncc ama yg versi asli jepang beda cy..ternyata disini pk mentega yah, terus inuk ubek2 resep jepang ga ada yg pk mentega, dan buat 200 gram cheesecream terigune cuma 30 gram tok hambur cheese bgt ya hehehe.. cobain cy yg cheese cake jepang, beda ga rasanya, tekstruenya gitu hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini resepnya dari yasaboga nuuk.. kata orang2 siih mirip sama cheesecake nya miki ojisan yang ada di mall. Kalo yang dari jepang asli gimana resepnya nuuk..?

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Keluarga di Ciater Camping Park ( Part 1)

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga liburan bareng sepupu2. Udah lamaa direncanakan, tapi tau sendiri deeh gimana susahnya ngatur skejul. Jangankan liburan yang nginep, mau ketemuan aja jarang2 bisanya, padahal cuma 3 keluarga loh inii. Duh duuuh nasib orang Jakarta yaa.. Setelah silaturahim pas lebaran kemarin,  kamipun sepakat untuk merencanakan lagi liburannya dengan serius. Lalu kami membuat WA grup dan diskusi dilanjutkan di sana. Awalnya kami merencanakan liburan ke Teluk Kiluan di Lampung, pas lihat peta loh kok jauh. Trus ganti tujuan ke Ujung Kulon, eh masih berasa jauh juga. Ganti lagi ke Anyer, ah kayaknya kurang sreg. Pindah tujuan ke Garut, tapi kok ngga nemu tempat nginep yang sesuai kemauan kita.  Akhirnya setelah browsing2 lagi, ketemulah si Ciater Camping Park ini di blognya tesyaskinderen dan aku langsung jatuh hati.  Langsung deh aku lempar ke grup dan direspon baik oleh yang lain. Sebelum berubah pikiran lagi, cusss ketok palu deh.. Bismillah, kita campi

My Umroh Journey (Part 3)

Day 3, Pemaknaan Kota Mekkah-Berkunjung ke Peternakan Unta-Ambil Miqot di Hudaibiyah-Umroh yang kedua. Hari selanjutnya, kami dijadwalkan mengikuti pemaknaan kota Mekkah di suatu gedung pertemuan, kemudian mengunjungi peternakan unta dan mencicipi susu unta segar, serta mengambil miqot di mesjid Hudaibiyah yang tak jauh dari peternakan unta dan kemudian langsung menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umroh yang kedua. Menurut perkiraan, hari ini seharusnya adalah tanggal 1 Ramadhan. Namun ternyata semalam setelah menunggu2 pengumuman dari pemerintah Arab Saudi, 1 Ramadhan ternyata jatuh pada besok harinya. Padahal semalam setelah makan malam kita langsung ngacir ke mesjid bersiap2 hendak sholat taraweh. Pagi2 setelah sarapan, kami lalu berkumpul di lobby kemudian berangkat naik bus ke gedung pertemuan. berkumpul di lobby  Itulah pertama kali aku menyaksikan suasana kota Mekkah pada siang hari di luar area hotel dan Masjidil Haram. Disana sini masih banyak re

“The Playground” and ”Playparq”, the best place for a superfun playdate ever..!

Bosen ngajak anak2 ke mall? Ho oh, sammaaa..! Pinginnya ke suatu tempat yang beda gitu.. yang outdoor, yang anak2 bisa main bebas lepas menyalurkan energi tanpa kena hawa AC melulu.. Untungnya saya nemu sebuah cyber forum yang sedang ramai membahas tentang sebuah tempat bermain outdoor untuk anak di Jakarta. Ada dua tempat yang sepertinya sangat direkomendasikan oleh forum tsb. Yes… The Playgorund dan Playparq , yang keduanya terletak di daerah Kemang. Maka meluncurlah kami kesana. Yang pertama kami datangi adalah The Playground. Pertama kali kesana sekitar awal tahun 2011. Lalu yang kedua, April 2013 kemarin, pas Ano ulangtahun yang ke-4. The Playground The Playgorund ini sungguh teramat sangat menyenangkan untuk anak2 usia 2-8 tahunan. Begitu masuk, kami langsung terpaku melihat tempatnya yang begitu bersih, colourful, dan rindang. Permainannya bermacam2, dan standar safetynya pun sudah standar luar negeri. Lantai dialasi karpet tebal dan anti slip. Area permainan pun di