Skip to main content

Organizing Adysa's 1st Bday Party




Hheehe..kata suami, aku ini party mommy. Maksudnya bukan emak2 yang doyan pesta2, tapi emak2 yang doyaaan ngerancang pesta.. Well, lebih tepatnya syukuran sih daripada pesta. Karena acaranya cuma kecil2an, makanan2 nya juga bikin sendiri, dan cuma ngundang segelintir teman deket2 sini...Jadi jauh banget dari kesan "pesta" yang heboh dan high budget..

Adysa ulang tahun yang pertama tgl 16 oktober 2011 lalu. Sebulan sebelumnya, aku udah sibuk menyusun2 menu makanan, mendesign hiasan cake ulang tahun, memilih2 jenis snack2 manis dan gurih, juga membayang2kan suvenir2 yang lucu dan bermanfaat utk  goodybagnya. Aku memutuskan memilih tema "Hello Kitty", karena si kucing itu begitu imut, chubby dan innosens, nggemesin bangeet..just like the birthday girl..hihihi

Makanan utama menurutku haruslah yang praktis, yang one dish meal. Yang menyantapnya tinggal mangap doang gak perlu repot motong2, repot2  nyingkirin tulang, dan tidak berkuah karena yang namanya anak2 pastilah akan heboh tumpah sana sini. Setelah berkali2 mengubah menu, akhirnya pilihanku jatuh pada lontong sate godog ala mamaku, kwetiaw goreng seafood yang spicy, dan pastel tutup keju. Menu2 pilihanku ini simpel bikinnya. Sate godog dan pastel tutup aku bikin sehari sebelumnya. Sate godog, setelah matang dan tidak panas lagi, langsung aku masukkan kulkas, besoknya tinggal dihangatkan. Pastel tutup juga begitu, setelah disusun dalam pyrex lalu masuk freezer, besok pagi2 banget setelah gak beku lagi tinggal dioles kuning telur, ditabur keju parut lalu dioven.. Kalau kwetiaw goreng harus dimasak saat hari H, adikku yang cantiknya selangit bersedia menggarap si kwetiaw ini.




Bahan2 pendukung seperti lontong dan bawang goreng aku order aja ke orang lain. Peralatan makan seperti piring dan sendok aku beli yang monouse (maaf agak2 nggak go green yaak..) supaya praktis nggak perlu nyuci2 piring lagi. Maklum deh, tenaga buat bantu2nya terbatas. Minuman aku beli aqua cup aja, praktis tinggal tancep langsung minum. trus buahnya semangka potong aja..segar dan praktis..

Untuk snack manis, aku bikin vanilla cupcake dihias buttercream swirl, sprinkles dan hiasan hello kitty serta tulisan "adysa 1 tahun" dari fondant. disusun2 diatas tiers yang cantik..waaah jadi terlihat manis dan elegan sekali.. juga ada choco cornflakes, yang aku bikin dari cornflakes yang disiram dark chocolate leleh,  ditaburi sprinkles lalu masukkan kulkas. snack yang simple tapi yummi dan penampilannya juga cantik. trus aku juga bikin fancy cookies, ada yang bentuk hello kitty, kupu2, pita2 dan juga ada cookies nama. Cookies ini sebagian aku jadiin hadiah untuk games, sebagian lagi aku bagikan ke semua anak.. pokoknya semua kebagian cookies enak ini dehh.. ^^






Untuk seru2an, aku beli coklat koin dan coklat chacha di hypermart. aku bungkus kecil2 dalam plastik kaca, supaya  terlihat warna warninya shg jadi makin cantik. juga ada eskrim cup yang sayangnya kelupaan dihidangkan karena lupa dikeluarkan dari freezer..walah2..hehehe

untuk birthday cakenya, tentu saja temanya Hello Kitty. Base cakenya brownies keju pak sahak yang aku steambake instead of dikukus. mirip2 japanese cheese cake jadinya. aku filling selai blueberry dan sisi2nya dicover buttercream. Figurine hello kitty aku beli di cleonima olshop. aku tambahkan hiasan bunga2, nama adysa, dan ucapan happy birthday dari fondant..tak lupa lilin angka 1 yang besar dan cantik...

untuk snack asin, tadinya aku berniat bikin sendiri juga. tapi apadaya, badanku berasa mau rontok rasanya. akhirnya aku minta tolong ke sobatku yenny untuk memesan kue pastel dan risoles ke tetangganya, yenny juga membuat penganan dari bihun yang manis bertabur kelapa parut..enaaakk...legit2 manis gurih gituu...

Suvenir aku beli di pasar asemka. Pagi2 aku naik kereta api menuju stasiun kota, berdesak2an di kereta demi mendapatkan pernak pernik yang lucu, bagus dan murah. wah beneran deh itu pasar..segala macem suvenir ada disana. lucu2, bagus2 dan murah2. walaupun harus jauh2 kesana dan meninggalkan anak2 di rumah, tapi aku puas banget karena ngedapetin barang yang aku mau dengan harga murah. Tas spunbound karakter hello kitty untuk anak perempuan, dan spiderman untuk anak laki2. harganya selusin cuma 60 ribu. Kalo pesen online kayaknya harganya 2x lipat deh... Aku juga beli kotak pensil lengkap dengan pensil, penggaris, serutan dan penghapusnya. Harganya selusin 90 ribu. trus di hypermart aku  belanja snack2 kayak chitato, cereal, susu kotak, wafer, permen, dll, dimasukin ke plastik lucu warna warni... Plastik snack dan kotak pensilnya lalu dimasukkan ke dalam tas karakter..Jadi deh goody bag yang keren nan hemat.. ^^

Untuk pernak pernik hiasannya juga aku beli di asemka. Ampuun deh lucu2 banget pernak pernik disana..kalo gak inget anak dirumah dan dompet yang makin tipis, bisa diborong tuh satu pasar asemka..hehehehe..

Hiasan utama yang juga jadi favoritku adalah foto2 adysa dari lahir sampe setahun, yang aku tempel2 pake double tape ke impraboard putih, trus dikasih stiker hello kitty kecil2. Trus si impraboard itu aku letakkan di papan tulisnya krucil2. Tinggal tempel tulisan happy birthday bergambar hello kitty, dan balon2 warna warni..jadi deh hiasan yang unik dan lagi2 murah meriah..



Hari H nya alhamdulillah berjalan lancar. Anak2 telihat senang sekali dengan hidangan2, games, dan suvenirnya.  Makanan nya laris manis...pastel tutup kejunya ludes gak bersisa sampe si papa aja gak kebagian. ahh..senang bangett dehh.. Sayangnya si Papa gak bisa hadir di acara ini, gak bisa ninggalin kerjaan yang buanyakk katanya..





Puas rasanya, secara semuanya diorganize sendiri. segala detailnya aku sendiri yang mikirin. mulai dari belanja bahan, masuk2in snack ke plastik, memompa balon2, memikirkan games yang seru utk memeriahkan acara, sampe begadang2 menghias kue..

Alhamdulillah juga ada beberapa tenaga yang siap sedia membantu. Adikku bantuin jagain anak2 saat aku sibuk di dapur, juga masakin kwetiaw goreng yang rasanya dahsyaatt abeeess... Si Papa bantuin beliin semangka dan aqua gelas, geser2 kursi ke garasi, masang birthday banner dan yang paling penting : menjadi sponsor utama terselenggaranya acara ini..hihihi thanx papa atas suntikan dana segarnya..kikikikik... Juga ada bu Tuti yang rajin beberes, nyuci2 peralatan tempur, jagain adysa, beli2 telur ke warung, dan bu Ita yang pas hari H juga turun tangan bantuin nyuci piring... Sahabatku si Yenny dan si ganteng Alif juga ikut meringankan kerepotanku dengan bawain snack2 yang enak dan bantu2 beberes pasca acara.. Ahhh..senangnyaaa...

Alhamdulillah yaa...sesuatuuu banget.. dengan diadakannya acara seperti ini, aku ingin mengajak krucil2ku untuk belajar berbagi, terutama kepada teman2 yang mungkin kurang mampu. Juga jadi ajang silaturahmi antara orangtua murid dan guru2. Tak lupa doa untuk putri bungsuku tersayang ini, agar dia tumbuh menjadi anak solehah, cerdas dan sehat..penyejuk mata dan hati orang tua dan kakak2nya.. amiin ya robbal alamiin...




Comments

Popular posts from this blog

Liburan Keluarga di Ciater Camping Park ( Part 1)

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga liburan bareng sepupu2. Udah lamaa direncanakan, tapi tau sendiri deeh gimana susahnya ngatur skejul. Jangankan liburan yang nginep, mau ketemuan aja jarang2 bisanya, padahal cuma 3 keluarga loh inii. Duh duuuh nasib orang Jakarta yaa.. Setelah silaturahim pas lebaran kemarin,  kamipun sepakat untuk merencanakan lagi liburannya dengan serius. Lalu kami membuat WA grup dan diskusi dilanjutkan di sana. Awalnya kami merencanakan liburan ke Teluk Kiluan di Lampung, pas lihat peta loh kok jauh. Trus ganti tujuan ke Ujung Kulon, eh masih berasa jauh juga. Ganti lagi ke Anyer, ah kayaknya kurang sreg. Pindah tujuan ke Garut, tapi kok ngga nemu tempat nginep yang sesuai kemauan kita.  Akhirnya setelah browsing2 lagi, ketemulah si Ciater Camping Park ini di blognya tesyaskinderen dan aku langsung jatuh hati.  Langsung deh aku lempar ke grup dan direspon baik oleh yang lain. Sebelum berubah pikiran lagi, cusss ketok palu deh.. Bismillah, kita campi

My Umroh Journey (Part 3)

Day 3, Pemaknaan Kota Mekkah-Berkunjung ke Peternakan Unta-Ambil Miqot di Hudaibiyah-Umroh yang kedua. Hari selanjutnya, kami dijadwalkan mengikuti pemaknaan kota Mekkah di suatu gedung pertemuan, kemudian mengunjungi peternakan unta dan mencicipi susu unta segar, serta mengambil miqot di mesjid Hudaibiyah yang tak jauh dari peternakan unta dan kemudian langsung menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umroh yang kedua. Menurut perkiraan, hari ini seharusnya adalah tanggal 1 Ramadhan. Namun ternyata semalam setelah menunggu2 pengumuman dari pemerintah Arab Saudi, 1 Ramadhan ternyata jatuh pada besok harinya. Padahal semalam setelah makan malam kita langsung ngacir ke mesjid bersiap2 hendak sholat taraweh. Pagi2 setelah sarapan, kami lalu berkumpul di lobby kemudian berangkat naik bus ke gedung pertemuan. berkumpul di lobby  Itulah pertama kali aku menyaksikan suasana kota Mekkah pada siang hari di luar area hotel dan Masjidil Haram. Disana sini masih banyak re

“The Playground” and ”Playparq”, the best place for a superfun playdate ever..!

Bosen ngajak anak2 ke mall? Ho oh, sammaaa..! Pinginnya ke suatu tempat yang beda gitu.. yang outdoor, yang anak2 bisa main bebas lepas menyalurkan energi tanpa kena hawa AC melulu.. Untungnya saya nemu sebuah cyber forum yang sedang ramai membahas tentang sebuah tempat bermain outdoor untuk anak di Jakarta. Ada dua tempat yang sepertinya sangat direkomendasikan oleh forum tsb. Yes… The Playgorund dan Playparq , yang keduanya terletak di daerah Kemang. Maka meluncurlah kami kesana. Yang pertama kami datangi adalah The Playground. Pertama kali kesana sekitar awal tahun 2011. Lalu yang kedua, April 2013 kemarin, pas Ano ulangtahun yang ke-4. The Playground The Playgorund ini sungguh teramat sangat menyenangkan untuk anak2 usia 2-8 tahunan. Begitu masuk, kami langsung terpaku melihat tempatnya yang begitu bersih, colourful, dan rindang. Permainannya bermacam2, dan standar safetynya pun sudah standar luar negeri. Lantai dialasi karpet tebal dan anti slip. Area permainan pun di