Skip to main content

Staycation : Hotel Pesona Alam Puncak

Pesona Alam, hotel ini udah lama masuk dalam wish list saya. Selain karena pemandangannya yang bagus dan lokasinya yang ngga terlalu jauh dari Jakarta, hotel ini juga punya banyak fasilitas untuk anak2. Lokasinya persis bbrp  ratus  meter sebelum pintu masuk Taman Safari. Jadi bagi yang mau ke Taman Safari juga cocok banget nginep di sini.

Reservasi di hotel ini susah2 gampang, apalagi saat weekend dan high season. Dapat dipastikan mereka selalu full booked. Makanya saya pilih ke sana saat weekday di low season. Alhamdulillah masih kebagian kamar dengan rate lumayan. Ternyata saat weekday pun hotelnya cukup ramai loh. Oh iya, selain hotel, Pesona Alam  juga menyediakan villa yang cocok utk rombongan.

Untuk rate yang lebih murah, kita bisa memesan room only tanpa breakfast. Trus sarapan di mana dong? Nah persis di seberang gerbang hotel, ada warung bubur ayam. Atau kita bisa membawa bekal sendiri dari rumah. Roti2an, cup noodles, buah pisang, atau sereal dan susu. Rasanya cukuplah untuk energi sepagian. Tapi klo yg ngga mau ribet, yowes tinggal pesan kamar yang include bfast. Breakfast buffetnya lumayanlah. Walau ngga seistimewa Mercure Bandung, tapi cukup oke.

Jika memungkinkan, mintalah kamar  dengan view yang oke pada receptionist. Untuk kamar deluxe sepertinya masih mungkin utk mendapatkan best view, namun untuk type superior sepertinya  harus puas dengan kamar garden view. Tapi tak masalah, kamar apapun oke2 saja wong hotelnya udah bagus banget gini. Trus pegawai  hotelnya ramah ramah banget. Jempol deh..

Bagi yang ingin staycation atau menghabiskan waktu di hotel saja, harus pinter2 mengatur jadwal supaya waktunya optimal. Seperti yang kita semua tahu, Puncak adalah kawasan macet meski saat weekday. Maka berangkatlah pagi2 agar kita bisa tiba di hotel sesuai atau sebelum waktu check in jam 2 siang. Kalau beruntung, kita bisa masuk kamar sebelum jam 2.

Di siang menjelang sore, kawasan Puncak biasanya akan diguyur hujan. Jadi yang bisa  kita lakukan setelah check in : leyeh2 di kamar, ke kids club, ke fitness centre, atau duduk2 di lobby sambil menikmati pemandangan.

Jika sedang tak hujan, kita bisa ke Clubhuis yang berada di dalam area Pesona Alam. Clubhuis adalah sebuah coffee shop kecil yang nyaman dengan pemandangan dan suasana hutan pinus yang indah. Jika mau ke sana kita bisa minta diantar oleh pihak hotel, tinggal lapor ke reception, lalu kita akan diantar ke sana dengan mobil golf. Seru deh. Tapi saat hujan pun bisa kok minta dianter  ke sana. Hanya saja kita jadi ngga bisa menikmati suasana di luar cafe. Jadi hanya bisa duduk di  dalam saja. Namun duduk di  dalam pun cukup asyik kok. Jangan lupa menukarkan voucher gratis black coffee yang diletakkan  di meja kamar hotel. Foto2 di Clubhuis bisa dilihat di postingan khusus Clubhuis yaa...

Untuk  makan malam, kita bisa memesan room service atau   makan di restoran hotel. Tapi saat saya mengintip daftar harga makanan, wow lumayan  mahal yaa. Dan menurut review orang2, rasa makanannya  biasa aja. Jadi kami memutuskan untuk makan di Bumi Nini yang tak terlalu jauh  dari hotel. Tinggal meluncur ke arah jalan Raya Puncak, lalu belok kiri. Sekitar 200 m ke kiri dari persimpangan patung2 hewan Taman Safari tibalah kita di  Bumi Nini. Resto2 lain di sekitar situ juga banyak. Ada restoran Padang juga, agak terus dikit lagi deket Royal Safari ada Pizza Hut. Tinggal pilih deh.

Tapii.. kalau weekend saya  ngga berani saranin untuk  ke arah jalan Raya Puncak yaa. Takutnya macett. Jadi amannya mending cari warung2 makan di sekitar hotel aja kali yaa.

Besok paginya, setelah sholat subuh  jangan tidur lagi. Bukalah jendela kamar lebar2 dan rasakan udara pagi Puncak yang menyegarkan. Kalau lapar, boleh juga nyemil biskuit atau roti sambil duduk2  di balkon.
View from our balcony

Setelah itu, kita bisa mulai eksplor hotel. Anak2  bisa langsung main trampolin lalu  lanjut  main bola. Sementara ortunya bisa puas menikmati suasana pagi yang masih sepi. Foto2, jogging2, stretching2.. apa aja deh.

Setelah itu sarapan deh. Atau sebelum sarapan kita  bisa meminjam sepeda dan berkeliling seputar area Pesona Alam yang luas. Sayangnya kemarin kita  ngga sempet main sepeda karena anak2 terlalu asyik main trampolin  dan tenis meja.

Kalau mau berenang, waktu yang oke  sekitar jam 9-10 saat udara mulai hangat. Kalo kepagian kyknya bakal menggigil deh. Tapi untuk kolam balita, airnya hangat kok. Jadi bebaslah mau pagi2 juga. Kolam renangnya ngga terlalu  besar sih. Tapi cukuplaah. Apalagi viewnya keren. Betahh berlama2 di situ nungguin bocah berenang.

Kalau weekend katanya ada kuda  yang bisa disewa. Karena kami kemarin weekday, jadi ngga nemu kuda deh. Tapi anak2 puas  banget main di hotel aja. Dari  jam 6 sampe  jam 11 lewat, itupun masih kurang katanya. Kids clubnya juga cukup oke. Ada puzzle, buku2 cerita, mainan masak2an, susun balok, congklak, dan macem2 lagi. Adysa betah banget main di kids club.

Akhirnya kita harus check out deh  jam 12 siang. Proses check outnya cepat  dan lancar. Kamipun pulang dengan hati senang karena puas menginap di sana. Mudah2an lain waktu bisa  kesana lagi yaa.. aamiin.

Popular posts from this blog

Liburan Keluarga di Ciater Camping Park ( Part 1)

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga liburan bareng sepupu2. Udah lamaa direncanakan, tapi tau sendiri deeh gimana susahnya ngatur skejul. Jangankan liburan yang nginep, mau ketemuan aja jarang2 bisanya, padahal cuma 3 keluarga loh inii. Duh duuuh nasib orang Jakarta yaa.. Setelah silaturahim pas lebaran kemarin,  kamipun sepakat untuk merencanakan lagi liburannya dengan serius. Lalu kami membuat WA grup dan diskusi dilanjutkan di sana. Awalnya kami merencanakan liburan ke Teluk Kiluan di Lampung, pas lihat peta loh kok jauh. Trus ganti tujuan ke Ujung Kulon, eh masih berasa jauh juga. Ganti lagi ke Anyer, ah kayaknya kurang sreg. Pindah tujuan ke Garut, tapi kok ngga nemu tempat nginep yang sesuai kemauan kita.  Akhirnya setelah browsing2 lagi, ketemulah si Ciater Camping Park ini di blognya tesyaskinderen dan aku langsung jatuh hati.  Langsung deh aku lempar ke grup dan direspon baik oleh yang lain. Sebelum berubah pikiran lagi, cusss ketok palu deh.. Bismillah, kita campi

My Umroh Journey (Part 3)

Day 3, Pemaknaan Kota Mekkah-Berkunjung ke Peternakan Unta-Ambil Miqot di Hudaibiyah-Umroh yang kedua. Hari selanjutnya, kami dijadwalkan mengikuti pemaknaan kota Mekkah di suatu gedung pertemuan, kemudian mengunjungi peternakan unta dan mencicipi susu unta segar, serta mengambil miqot di mesjid Hudaibiyah yang tak jauh dari peternakan unta dan kemudian langsung menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umroh yang kedua. Menurut perkiraan, hari ini seharusnya adalah tanggal 1 Ramadhan. Namun ternyata semalam setelah menunggu2 pengumuman dari pemerintah Arab Saudi, 1 Ramadhan ternyata jatuh pada besok harinya. Padahal semalam setelah makan malam kita langsung ngacir ke mesjid bersiap2 hendak sholat taraweh. Pagi2 setelah sarapan, kami lalu berkumpul di lobby kemudian berangkat naik bus ke gedung pertemuan. berkumpul di lobby  Itulah pertama kali aku menyaksikan suasana kota Mekkah pada siang hari di luar area hotel dan Masjidil Haram. Disana sini masih banyak re

“The Playground” and ”Playparq”, the best place for a superfun playdate ever..!

Bosen ngajak anak2 ke mall? Ho oh, sammaaa..! Pinginnya ke suatu tempat yang beda gitu.. yang outdoor, yang anak2 bisa main bebas lepas menyalurkan energi tanpa kena hawa AC melulu.. Untungnya saya nemu sebuah cyber forum yang sedang ramai membahas tentang sebuah tempat bermain outdoor untuk anak di Jakarta. Ada dua tempat yang sepertinya sangat direkomendasikan oleh forum tsb. Yes… The Playgorund dan Playparq , yang keduanya terletak di daerah Kemang. Maka meluncurlah kami kesana. Yang pertama kami datangi adalah The Playground. Pertama kali kesana sekitar awal tahun 2011. Lalu yang kedua, April 2013 kemarin, pas Ano ulangtahun yang ke-4. The Playground The Playgorund ini sungguh teramat sangat menyenangkan untuk anak2 usia 2-8 tahunan. Begitu masuk, kami langsung terpaku melihat tempatnya yang begitu bersih, colourful, dan rindang. Permainannya bermacam2, dan standar safetynya pun sudah standar luar negeri. Lantai dialasi karpet tebal dan anti slip. Area permainan pun di