Skip to main content

Liburan ke Singapore, April 2013 (part 2)

Day 3: Merlion Park, Botanical garden, Singapore Flyer

Gak berasa udah hari ketiga ajah.. Kalo menurut itinerary, kita harusnya ke Legoland hari ini. Tapi karena kondisi paspor Papa yang gak memungkinkan, akhirnya kita putuskan untuk jalan2 keliling kota aja.

Pagi2 kita udah siap keluar buat nyari sarapan. Seorang petugas hotel yang sangat ramah menyarankan kami untuk sarapan di Mc.D yang letaknya deket banget dari hotel. Menu sarapan di Mc.D yummy2 sekaliii..! Pancakenya enaaak.., Mc.Muffin nya juga enak..

sarapan di Mc.D

Kelar sarapan, kita langsung menuju Merlion Park dengan berjalan kaki.. Kata Papa, Merlion Park gak sejauh Singapore Flyer kok.. Ya udah deeh percaya ajaa..walopun kenyataannya ya teteeepp jauh jugaak.. hehehe.. Yowes dinikmati aja berjalan kaki di negara yang sangat menghargai pejalan kaki itu. Jalan kaki disini berasa kayak orang penting deh.. pas mau nyebrang dijalan yang gak ada lampu setopannya, kita pasti dapet prioritas. Mobil2 itu dengan sukarela berhenti dan mempersilahkan kita menyebrang dengan aman. Hebat..!

jalan kaki ke merlion park melewati esplanade

Sampe di Merlion Park, cuaca pas lagi panas2nya. Panas nyelekit menggigit. Hasrat untuk foto2 sempet surut saking panasnya. Anak2 juga pada bête mukanya, cemberut terus karena kepanasan. Padahal apalah artinya ke Singapore tanpa fotoan di Merlion Park, ya kan..? hehehe..

Namun karena jiwa narsis kita sudah mendarah daging, maka panas terik pun gak jadi penghalang. Teteeupp lah kita foto2 sana sini, jepret2 kian kemari. Hihihi… abis itu sayapun teparrr dan terduduk manis di emperan Merlion Park dengan suksesnya.. ^^

anak2 udah bete kepanasan

dan mamapun terduduk lelah ^^

Puas foto2 di Merlion Park, kita lalu naik taksi ke Orchard. Pingin makan masakan Indonesia di Lucky Plaza. Setelah nanya ke information desk di Lucky Plaza, mereka bilang ada beberapa pilihan resto Indonesia disitu. Diantaranya ada Ayam Penyet Ria, Bumbu Desa, dan resto masakan Padang. Kitapun memutuskan untuk ke Ayam Penyet Ria.

Kami memesan Lele Penyet, Ayam Penyet, Sup Iga dan Mie bakso. Rasanya enaak, gak kalah dengan resto2 yang di Indonesia. Sup iganya segerr..maknyuss.. Adysa lahap banget makan nasi dan sup iganya. Baksonya juga enak kata si tante. Ano dan Anya juga makan Lele Penyet mereka dengan lahap.

Alhamdulillah kenyang banget. Kami lalu naik taksi ke Botanical Garden. Taksi pertama gak mau mengangkut kami karena kami terlalu banyak. Alhamdulillah taksi kedua bersedia mengantarkan kami. Saat ditanya kenapa beliau mau, sang taxi driver yang baik itu menjawab.. “sesama muslim itu harus saling tolong.. saya suka dengan orang Indonesia..saya sering ke Bandung dengan cucu2 saya..”.  Masya Allah beruntungnya kami bertemu dengan orang baik seperti beliau. Bahkan saat akan turun dari taksi, beliau memberitahu kami dimana arah kiblat di lokasi itu. Semoga Allah selalu memberkahi ya Pak.. Aamiin.

Botanical Garden Singapore bagus sekali. Semuanya tertata baik, indah, dan sarat informasi. Sebenarnya tujuan utama kami adalah ke Jacob Ballas Children Garden yang berada di dalam area Botanical Garden. Taman itu khusus untuk anak2. Didalamnya banyak informasi, pengetahuan dan permainan edukasi tentang tanaman yang dapat mereka nikmati..

Masuk ke Jacob Ballas gak bayar alias gretong bin gratis. Tapi orang dewasa gak diperbolehkan masuk jika mereka datang tanpa membawa anak2.
Taman itu menyenangkan banget. Ada area bermain air, ada labirin, rumah pohon yang ada slidenya, permainan simulasi fotosintesis, puzzle, jembatan gantung, area bermain pasir, dan kolam kecil. Tanaman disana juga unik2.. ada pohon cherry, tanaman hena, putri malu dan banyak lagi.

rumah pohon

main air

ganti baju

area bermain pasir

simulasi fotosintesis

bermain puzzle

suspension bridge

prikitiuww...!

Anak2 sangat takjub saat melihat tanaman putri malu. Ini pertama kalinya mereka melihat tanaman yang saat disentuh bisa langsung menguncup begitu. Aah, padahal di Jakarta harusnya juga banyak yaa putri malu..tapi kok gak pernah nemu ya..? apa kita yang gak pernah aware ya? Hehehe..

menyentuh putri malu

Setelah puas bermain2, kamipun keluar dari taman dan istirahat sebentar di Café nya. Ngemil2, minum2, dan sholat. Karena disana gak tersedia ruangan sholat khusus, maka kamipun sholat di koridor belakang dekat toilet. No problemo lah, selama tempatnya bersih then it’s OK..

kidz Cafe

banyak anak sekolah lagi field trip

buang sampah harus sesuai jenisnya

Setelah itu, kami langsung ke Singapore Flyer naik MRT. Dari Jacob Ballas ke stasiun MRT terdekat lumayan juga jalannya. Hiiuww..selama di Singapore betis makin gede karena jalan terus. Hehehe dasar manja. Dan si Tante pun memutuskan untuk nggak ikut ke Singapore Flyer karena sudah terlalu capek. Akhirnya kita pisah dengan tante. Kami turun duluan sementara tante turunnya 2 stasiun lagi. Untung aja hotel kita deket sama stasiun MRT, jadinya si tante gak takut nyasar deh..

di MRT

Turun dari MRT kita harus jalan kaki dikit lagi ke Singapore Flyer. Ehhh gak disangka hujan turun di tengah jalan. Untungnya gak terlalu deras jadinya kita gak basah2 banget. Sambil lari2 kecil akhirnya kita nyampe juga di Singapore Flyer.

Tadinya kita kira, flyernya bakalan ditutup lagi karena hujan. Tapi ternyata kali ini pengunjung diperbolehkan naik. Heran juga kok bisa gitu. Tapi petugasnya gak merekomendasikan kita untuk naik saat itu karena jarak pandang yang terbatas. Pemandangan dari atas flyer gak optimal karena langitnya gelap. Fyuuh, baiklaah..kalo gitu kita nunggu sampe malem aja deh.. Pemandangan Singapore di malam hari dari atas flyer pastinya gak kalah bagus.. Akhirnya kita melipir dulu nongkrong di Popeye, makan2 sambil nunggu malem. Adysa kebetulan tidur pules. Papa, mbak Anya dan Ano sesekali keluar berjalan2 sambil foto2..

Garden by the Bay dari Singapore Flyer

Saat hari mulai gelap, kitapun beranjak dari Popeye dan naik keatas untuk masuk ke flyer. Untuk masuk ke dalam flyer, sebelumnya tas kita diperiksa dulu, gak boleh sama sekali membawa makanan dan minuman. Lalu didalam kita bisa menyaksikan beberapa display tentang pembangunan Singapore Flyer. Setelah puas melihat2, barulah kami naik ke dalam flyer.

siap2 masuk kabin

Durasi flyernya sekali muter sekitar 30 menitan. Flyer berputar dengan perlahan2 sehingga kita gak merasakan pergerakananya. Kita bisa melihat kota Singapore yang cantik, gedung2 yang megah, lampu2 yang indah. Kita satu kabin dengan penumpang lain, sepertinya mereka berasal dari Korea dan Timur Tengah. Kumplit deh isi kabin itu ada bermacam2 orang Asia. Hehehe..

didalam kabin

Setelah selesai naik flyer, kita lalu langsung pulang naik taksi. Kai’ ternyata udah menunggu kita di lobby hotel Carlton. Sampe hotel, kita langsung ketemu Kai’ yang sedang makan kentang goreng di restoran. Anak2 senang banget bisa ketemu kai’ lagi. Mereka langsung bercerita tentang pengalaman hari itu. Bertemu patung singa, main di taman dan naik baling2 yang tinggi.. Aku lalu memesan nasi goreng untuk Adysa secara tadi Adysa belum sempet makan karena tidur. Nasi gorengnya enyaakss.. Sambelnya unik, beda dengan sambel di Indonesia. Gak tau deh pake apa ya itu sambelnya, enak deh rasanya..

Selesai makan dan ngobrol2, Kai’ pun balik lagi ke hotel Kai’ di Orchard. Besok rencananya giliran kita yang datang ke hotel Kai’.
Nyampe kamar, si Tante ternyata lagi tidur. Emang bener2 kecapean… Kasian..kasian..kasian.. Gak ngerasain naik flyer deh si Tante.

Last Day : Mustafa Centre, Orchard, Bugis Street, Mesjid Sultan.

Hari terakhir, aduuh..padahal masih banyak tempat yang pingin dikunjungi. Aah..semoga kapan2 ada waktu dan rezeki bisa kesini lagi.. aamiin..!

Pagi2 belum sarapan, kami langsung naik MRT ke Mustafa Centre. Cari oleh2 lah ceritanya. Mustafa Centre ada di Little India. Begitu nyampe sana, langsung berasa banget suasana India nya. Wangi kari langsung menyergap hidung. Kamipun langsung sarapan di salah satu tempat makan halal yang menyediakan masakan India. Sayangnya karena masih terlalu pagi, menunya belum semuanya tersedia. Kami hanya bisa memesan dosai yang mirip crepes itu, makannya sambil dicocol ke 3 macam kuah. Padahal anak2 pingin roti cane.. Yaah, kita makan roti canenya di Jakarta aja ya naak.. ^^

dosai for breakfast

Mustafa centre itu ternyata seperti Departement Store aja. Menjual macem2 barang dari jam tangan, perhiasan, koper, kaos, souvenir, coklat, dan berbagai kebutuhan sehari2 seperti supermarket. Yang khas dari tempat ini adalah cokelat Merlion, yaitu cokelat yang berbentuk patung Merlion. Selain membeli cokelat, kamipun membeli kaos, gantungan kunci dan pajangan untuk oleh2.

Kami menyelesaikan belanja di Mustafa centre ini dengan terburu2 karena harus segera bertemu Kai’ di Hotel Grand Park Orchard.

Nyampe di Grand Park, kami lalu naik ke kamar Kai’. Kamar di Grand Park ternyata kecil. Kamar kita di Carlton jauh lebih luas, padahal rate Grand Park lebih mahal kemana mana. Tapi dari segi interior, Grand Park memang lebih keren. Kelihatan lebih elegan lah.

Setelah Kai’ check out, kita lalu makan siang di resto Tambuah Mas di Paragon. Dari namanya udah ketahuan yaa kalo resto ini pasti menyajikan masakan Padang. Tapi ternyata gak cuma masakan Padang loh menunya, ada masakan Jawa Timuran juga, seperti sate ayam dan tahu telur. Kai’ memesan tahu telur, dari tampilannya aja kelihatan menggoda sekali. Aku memesan rendang yang rasanya enak banget. Walaupun bukan tipikal rendang padang asli, tapi rendang ini asli enak banget..! Papa dan Ano memesan Ayam goreng, mbak Anya memesan nasi goreng, sementara Tante memesan bihun kuah.

Selesai makan, kamipun berpisah dengan Kai’ yang harus berangkat ke airport. Kita juga harus balik ke hotel untuk check out. Nyampe hotel, kita langsung grabag grubug beres2 koper. Lalu check out dan menitipkan koper di concierge karena jadwal terbang kami masih lama, yaitu jam 10 malam. Setelah menitipkan koper, kami lanjut pergi lagi ke Bugis Street, masih dalam rangka hunting oleh2.

Bugis street memang surganya oleh2. Harganya juga jauuh lebih murah dari Mustafa Centre. Untuk sepaket gantungan kunci yang sama, harga di Mustafa centre adalah 18 dollar, sementara di bugis street cuma 10 dollar saja. Begitu juga dengan pajangan2, magnet kulkas, dan kaos2. Lebih murah di Bugis street.

Karena sudah merasa bokek, kamipun beranjak dari Bugis street dan jalan kaki menuju Mesjid Sultan yang memang tak jauh letaknya. Mesjid Sultan ini adalah mesjid tertua dan terbesar di Singapore (cmiiw). Banyak turis yang datang ke mesjid ini. Di dalam mesjid, mereka diberikan informasi dan penjelasan oleh guide dari mesjid. Saya sempat bertemu seorang guide mesjid keturunan China dan ada juga seorang muslimah berjilbab berparas bule sedang memberikan penjelasan kepada beberapa turis dalam bahasa.. ehmm..sepertinya bahasa Prancis.. (not so sure since i know nothing about other foreign language ^^) Masya Allah, hebat sekali ya..?

para tamu yang pakaiannya kurang layak, dipinjamkan jubah biru ini

tanya jawab para tamu dengan pihak mesjid

aamiin

Interior mesjid ini cantik sekali, tidak terlalu terkesan mewah tapi justru kesederhanaanya itu membuat mesjid ini terasa bersahaja dan nyaman. Kamipun menyempatkan sholat Zuhur disini.
Selesai sholat dan melihat2 sebentar, kami lalu menuju area depan mesjid yang berupa jejeran pertokoan. Toko2 itu terlihat antik, unik, dan bagus sekali dilatar belakangi mesjid Sultan yang indah. Di ujung jalan, ada restoran Bushra. Kamipun singgah sebentar disitu, memesan teh tarik dan hokkien noddles sambil melepas lelah. Noddlesnya enak.. lagi2 sambelnya yang bikin beda. Sambel ini mirip sambel nasi goreng yang kami makan di Hotel Carlton semalamnya. Aduh jadi penasaran, sambel apakah ini gerangan..?

Lalu kamipun naik taksi balik ke hotel. Untungnya di hotel menyediakan shower room untuk tamu yang jadwal terbangnya masih lama dari waktu check-out. Jadi kamipun bisa mandi2 dulu, menyegarkan badan setelah berpanas2 dan berlelah2 dari pagi sampe sore hari. Kelar mandi, kami duduk2 sebentar di kolam renang hotel. Sejak check-in, baru kali ini mampir ke kolam renangnya. Lumayan bagus, walau gak terlalu besar tapi cukuplah. Gazebo2 di dekat kolam renangnya pun bagus. Kami duduk2 sebentar di gazebo itu sambil ngemil2, menunggu waktunya berangkat ke airport.

Sudah jam 6 sore, kamipun mengambil koper2 di concierge dan berangkat ke airport naik taksi. Taksi kali ini berukuran besar. Untuk kapasitas sekitar 10 orang. Kami menggunakan taksi besar ini karena petugas hotel tidak menemukan taksi kecil yang mau mengangkut kami yang banyak ini dengan bagasi yang banyak pula. Jadi daripada pakai 2 taksi, lebih baik ambil 1 taksi yang gede ini saja. Ongkosnya kurang lebih sama. Kalau naik 1 taksi kecil ke airport ongkosnya sekitar 25 dollar, si taksi besar tarifnya 50 dollar. Lebih enak naik yang besar kan, bisa bareng2 satu taksi.

Nyampe di Changi terminal 1A, kami langsung check-in di counter Airasia. Proses check-in lancar dan gak ribet, Alhamdulillah bagasi gak excess. Kelar check-in, kami nongkrong dulu di resto Papamia. Makan malam sebentar. Makanannya enak2. Menunya banyakan menu Chinese food tapi halal. Nyem nyem nyem.. Ampun deh seharian ini makan terusss… ^^
ada logo halalnya

Setelah pengecekan paspor di imigrasi, kita lalu ke toko cokelat. Papa membeli beberapa bungkus cokelat untuk oleh2. Sementara Adysa sibuk kesana kemari berkeliling2 mengamati kemasan2 cokelat yang lucu2 itu.

Di Changi, toiletnya bersih sekali. Yang paling keren, di setiap pintu masuk toilet ada sebuah touch screen yang meminta kita untuk memberi penilaian terhadap toilet tersebut. Di screen itu terpajang foto dan nama petugas yang sedang in charge. Keren sekali..!

Oh iya, karena terlalu banyak jalan dan kondisi sepatu yang mungkin kurang nyaman, kakiku pun lecet dan sakit sekali dibawa jalan. Akhirnya dengan segenap keberanian diri, aku lepaslah sepatuku dan nyekerlah aku di changi.. Eh tapi gak nyeker2 amat juga ding, masih pake kaus kaki kok..dan untungnya kaus kakinya berwarna hitam jadi gak terlalu kentara kalo aku tak bersepatu. Dan untungnya lagi, hampir seluruh lantai di changi dialasi karpet tebal jadinya kakiku gak kedinginan duehhh.. Hohohoo.. ^^
shoeless

Satu lagi yang jadi favorit anak2 adalah keberadaan keran air minum di banyak tempat2 umum di Singapore. Mbak Anya senang sekali bisa mencoba minum air dari keran itu. "Airnya dingin dan segar", katanya senang. Sementara Ano dan Adysa hanya melihat saja karena mereka kurang tinggi sehingga agak susah untuk mencapai keran. Tapi setiap melihat keran itu, mereka sibuk menyuruh mama dan papanya untuk minum. Hihihi..

Akhirnya, tibalah saatnya kami untuk pulang.. ah, gak terasa yaa.. 4 hari rasanya kurang banget. Tapi syukur Alhamdulillah.. udah diberi kesempatan untuk liburan kesini. Bersyukurrr banget..

Alhamdulillah pesawatnya gak delay. Penerbangan pun lancar jaya gak ada bad weather. Kita landing di Jakarta pukul 11 malam lewat dengan sehat selamat dan mempesonaa..

Habis ambil bagasi, kita makan dulu di bakmi GM. Eeeh gak disangka ketemu Kokom temen SMP dulu. Setelah belasan tahun yang lalu tamat SMP, baru ketemu lagi ya sekarang ini. Sebelumnya sih sempet ngobrol2 di BB grup, gak nyangka juga bisa kebetulan ketemu di airport.

Setelah itu, kita langsung cari taksi. Alhamdulillah dapet taksi golden bird. Armadanya Kijang Innova tapi harganya harga Avanza. Diupgrade karena udah malem katanya.. siipp laahh..!

Perjalanan airport-rumah pun lancar jaya tanpa macet karena udah tengah malam. Aaahh..home sweet home… Baiti Jannati.. ! Walaupun tidur di hotel itu asyik, tapi gak bisa mengalahkan nyamannya tidur di tempat tidur sendiri…

Selesailah sudah cerita liburan kali ini.. Terima kasih yaa udah nyempetin baca.. Semoga cerita ini bisa diambil manfaatnya yaa.. aamiin..
Zzzzz…. ^^

Yang belum baca part 1, monggoo klik disini .

1. enak ya liburan ke singapore
    kapan ya bisa kesana...

Popular posts from this blog

Liburan Keluarga di Ciater Camping Park ( Part 1)

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga liburan bareng sepupu2. Udah lamaa direncanakan, tapi tau sendiri deeh gimana susahnya ngatur skejul. Jangankan liburan yang nginep, mau ketemuan aja jarang2 bisanya, padahal cuma 3 keluarga loh inii. Duh duuuh nasib orang Jakarta yaa.. Setelah silaturahim pas lebaran kemarin,  kamipun sepakat untuk merencanakan lagi liburannya dengan serius. Lalu kami membuat WA grup dan diskusi dilanjutkan di sana. Awalnya kami merencanakan liburan ke Teluk Kiluan di Lampung, pas lihat peta loh kok jauh. Trus ganti tujuan ke Ujung Kulon, eh masih berasa jauh juga. Ganti lagi ke Anyer, ah kayaknya kurang sreg. Pindah tujuan ke Garut, tapi kok ngga nemu tempat nginep yang sesuai kemauan kita.  Akhirnya setelah browsing2 lagi, ketemulah si Ciater Camping Park ini di blognya tesyaskinderen dan aku langsung jatuh hati.  Langsung deh aku lempar ke grup dan direspon baik oleh yang lain. Sebelum berubah pikiran lagi, cusss ketok palu deh.. Bismillah, kita campi

My Umroh Journey (Part 3)

Day 3, Pemaknaan Kota Mekkah-Berkunjung ke Peternakan Unta-Ambil Miqot di Hudaibiyah-Umroh yang kedua. Hari selanjutnya, kami dijadwalkan mengikuti pemaknaan kota Mekkah di suatu gedung pertemuan, kemudian mengunjungi peternakan unta dan mencicipi susu unta segar, serta mengambil miqot di mesjid Hudaibiyah yang tak jauh dari peternakan unta dan kemudian langsung menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umroh yang kedua. Menurut perkiraan, hari ini seharusnya adalah tanggal 1 Ramadhan. Namun ternyata semalam setelah menunggu2 pengumuman dari pemerintah Arab Saudi, 1 Ramadhan ternyata jatuh pada besok harinya. Padahal semalam setelah makan malam kita langsung ngacir ke mesjid bersiap2 hendak sholat taraweh. Pagi2 setelah sarapan, kami lalu berkumpul di lobby kemudian berangkat naik bus ke gedung pertemuan. berkumpul di lobby  Itulah pertama kali aku menyaksikan suasana kota Mekkah pada siang hari di luar area hotel dan Masjidil Haram. Disana sini masih banyak re

Seru Main Salju di Trans Snow World Bintaro

Bulan Desember 2020  lalu kami ke Trans Snow World Bintaro. Sengaja pergi di hari biasa dengan harapan pengunjungnya tidak terlalu ramai. Tiketpun lalu dibeli secara online, dengan harga promo buy 1 get 1. Lumayan bangett! TSW Bintaro beroperasi sejak Desember 2019. Lokasinya di lantai 4 Transpark Mall Bintaro, tak terlalu jauh dari exit tol Pondok Aren. Berbeda dengan kakaknya si TSW Juanda (Bekasi) yang bertemakan Pegunungan Alpen di Swiss, TSW Bintaro ini mengambil tema Musim Dingin di Gunung Fuji Jepang. Durasi bermainnya 2 jam saja. Jadi kita akan diberi semacam gelang penanda waktu yang akan memberitahu kita jika waktu bermain sudah habis. Selain itu kita juga akan dipinjamkan sepatu boots dan diberi kaus kaki. Selebihnya bawa sendiri dari rumah, seperti jaket, sarung tangan, dan topi kupluk. Di masa pandemi ini, TSW buka jam 11 pagi. Kami berangkat dari rumah jam 10.45, tiba di sana sekitar jam 11.15 daaan ternyata kami salah perkiraan. Pengunjungnya ternyata ramai sampai antr