Skip to main content

Camping Bersama di Alang Alang Nature Camp

Lokasi camping bersama kami kali ini adalah di Alang-alang Nature Camp yang berada di Cijeruk-Bogor, dekat Bogor Nirwana Residence. Perjalanan ke sana dari Jagakarsa memakan waktu sekitar 1,5 jam kalau lancar.

Sudah lama aku naksir tempat ini. Pertama kali melihat fotonya di internet, aku langsung penasaran. Jejeran pondok bambu beratap rumbia yang terletak di atas bukit, terlihat unik sekali. Jaraknya pun tak terlalu jauh. Cocok untuk ajang melarikan diri sebentar dari hiruk pikuk Jakarta. Tapi kalau cuma sekeluarga doang  kayaknya bakal garing. Tempatnya terlihat lebih seru kalau rame2.

flyer sept 2018, untuk updatenya silahkan hubungi CS nya langsung yaa

Iseng2 aku kirimkan flyer nya ke grup whatsapp ibu2 kelas Venus. Ternyata alhamdulillah sambutannya positif. Ketahuan pada butuh piknik kayaknya, qiqiqiq. Setelah melakukan koordinasi dengan pihak Alang2, akhirnya fix kami berangkat tgl 22-23 September.

Kami berangkat dari rumah jam 9.30 bersama beberapa keluarga yang ingin ikut konvoy. Lewat tol Jagorawi, kami lalu singgah sebentar di rest area karena ada yang pingin ngopi2 dan beli macem2. Setelah itu lanjut lagi hingga keluar tol di exit 40. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke arah Bogor Nirwana Residence, melewati The Jungle dan Rumah Air. Masih terus lagi melewati Jungle Fest lalu di kiri jalan ada belokan ke jalan Cibereum-Mulyaharja. Dari situ jalanan sudah mulai menyempit. Semakin mendekati lokasi, jalanannya semakin sempit dan cukup curam. Lalu sampailah kami di Alang2 Nature Camp sekitar jam 12 kurang 10 menit.

Kami lalu menurunkan barang2. Dari parkiran, kita harus turun 2 level untuk sampai ke tenda. Untunglah ada bapak2 petugas Alang2 yang sigap membantu kami. Secaraa, barang bawaannya banyak bangett. Segala tiker, kompor, panggangan, panci, semua diangkutt..

Kesan pertamaku saat melihat langsung lokasi camping ini adalah.. hijau, bersih dan menyenangkan. Pondok2 bambu yang berderet rapi berhadap2an itu sukses menjadi highlight tempat ini. Karena lokasinya berada di atas bukit,  tempat ini pun jadi memiliki view yang sangat indah.

Lokasinya yang tidak terlalu besar sangat ideal untuk dijadikan tempat gathering keluarga atau komunitas. Pondok bambunya hanya ada 10 unit, selebihnya memakai tenda dome. Kapasitas pondok bambu standarnya untuk 2 orang dewasa, tapi kita bisa pesan extrabed jadi bisa muat 3 dewasa. Sementara kapasitas tenda dome standarnya 2 dewasa, dan bisa nambah sampai 2 extrabed jadi muat untuk 4 dewasa.

Setelah beres angkut2 barang, perutpun lapar. Kami lalu ke Cafe Alang2 untuk memesan makanan. Tadinya sih rencana mau singgah makan siang di luar, tapi karena pingin lekas nyampe sini jadinya kita makan di sini aja lah. Makanannya lumayan enak dengan harga yang cukup oke.

menu makanan di cafe alang2

ini sambel cuminya bawa dari rumah yaa..
 Setelah kenyang, kami leyeh2 dulu di tenda. Ada yang tidur2an, ada yang ngobrol2, ada yang foto2. Ngga lama, anak2 pun berisik minta nyebur ke kolam renang. Udara memang cukup panas siang itu, jadi cocoklah kalo mereka pingin main air.

Puas main air, anak2 lanjut main badminton. Ada juga yang duduk2 manis sambil main kartu lol surprise dan cerita2. Sebagian anak cowok juga lanjut main bola.

Musholla terletak tak jauh dari tenda. Berupa bale2 bambu dengan atap rumbia. Ada tempat wudhu juga di sana.

Toilet dan kamar mandi totalnya ada 8 unit. 1 unit di gedung utama, 2 unit di level tengah dan 5 unit di level bawah. Yang di gedung utama dan level tengah ada air panasnya, sementara yg di bawah hanya air dingin. Kondisi kamar mandinya cukup bersih. Letaknya pun tak terlalu jauh untuk yg level tengah. Cuma yang level bawah yang agak PR naik turunnya, tapi masih okelah. Airnya sejuuk dan segar.

Hari sudah menjelang sore. Cuaca sudah tak panas lagi. Kami lalu bergegas menyiapkan macam2 untuk acara barbeque. Mulai menghias venue dengan flag bunting dan balon2, hingga persiapan masak memasak. Semua dikerjakan bareng2. Seru sekali.

Salah satu alasan kenapa kami memilih camping di sini adalah karena kita diperbolehkan untuk membawa bahan makanan dari rumah untuk dimasak di sini. Tentu saja alat2 masaknya juga bawa sendiri yaa. Rasanya lebih seru gimanaa gitu klo masak2 sendiri.

Bagi yang ngga mau rempong, bisa tinggal pesan menu barbeque ke pihak Alang2 beberapa hari sebelum hari H. Atau sekalian pesan paket fullboard, urusan makan minum ngga perlu repot lagi, sudah disediakan semua di sana.

Anak2 pun sibuk bermain dan berlarian dengan ceria. Senang sekali mereka bisa bermain dengan teman2 sekelasnya di tempat yang seru seperti ini.

Mumpung masih kece, mama2 foto bareng dulu doong..

Sedang seru2nya menyiapkan makanan untuk barbeque, hujan pun turun. Awalnya rintik kecil2 tapi lama2 deres juga. Kamipun segera mengangkut semuanya ke gedung atas, dan akhirnya melanjutkan masak2 di sana.

Alhamdulillah, walaupun hujan deras kami masih bisa melanjutkan masak2. Kebayang kalo di sana ngga ada tempat berteduh. Terpaksa nunggu hujan berhenti baru bisa masak2. Daan hujan turun cukup lama ternyata.

nungguin hujan berhenti

sambil menunggu makanannya ready, mereka main uno stacko
Pas adzan magrib, makanannya sudah siap semua. Masya Allah, makanannya banyaak dan enak2 semuaa.. Ada yg bikin beef teriyaki, ayam bakar, sosis bakar, jagung bakar, dimsum, kebab, daan cemilan2 yang bejibuun. Alhamdulillah..

Malam itu terasa indaah sekali. Pemandangannya luar biasa. Lampu2 di kejauhan terlihat seperti ribuan bintang. Diiringi kebersamaan yang membuat hati ini jd adeemm sentosa. Masya Allah.

Anak2 ternyata masih punya tenaga untuk main lari2an di lapangan setelah hujan berhenti. Ibu2nya pun tak mau kalah, ikut ngumpul ngariung di tikar sambil cemal cemil dan sruput minuman hangat sembari ngobrol macem2.

Akhirnya anak2 bisa dibujuk untuk tidur saat waktu sudah menunjukkan jam 10 malam. Masya Allah, sehat2 ya naak.

Besok paginya, kami bangun dgn sambutan udara sejuk yang menyegarkan. Berjalan sambil merapatkan jaket, kami lalu menuju musholla untuk sholat subuh. Setelah terang, suasananya terasa menyenangkan sekali. Sejuk, damai  dan nyaman.

quiet n peaceful

Sebelum sarapan yang disediakan oleh pihak Alang2 nya ready, kami mengganjal perut dulu dengan teh hangat dan cemilan2 ringan. Setelah sarapannya siap, kami lalu ke atas. Tempat sarapannya ada di halaman samping. Enak banget sarapan di sana sambil menikmati pemandangan dan udara pagi.

ngeteh2 dan nyemil2 pagi

area sarapan
menu sarapan : nasi goreng teri, telur ceplok, timun dan kerupuk plus teh manis dan teh tawar

breakfast with nice view
 Selesai sarapan, anak2 minta nyebur ke kolam lagii. Sebenernya kalau pagi ada fasilitas mengunjungi air terjun dan tracking. Tapi kata petugasnya, air terjunnya sedang sedikit airnya karena lama ngga hujan. Trus kalo tracking kayaknya masih pada mager. Anak2 juga ngga mau waktu ditawarin tracking. Ya sutt lah kita berenang dan main2 di lapangan lagi ajaah.

Lanjutt main games. Ini sebenernya jadwal kemarin sore, tapi karena kemarin hujan jadinya dipending deh. Mereka bermain dengan antusias dan ceria sekali. Gamesnya ada tiga : balon di punggung, jeruk di jidat dan estafet karet. Yang menang dan kalah semua dapat medali. Medalinya unik dan udah disiapkan mama2 sejak hari kamis loh.

Selesai main games dan bagi2 medali, kamipun bersiap2 pulang. Tak lupa foto2 dulu untuk mengabadikan kenangan indah selama di sini.

Alhamdulillah, acaranya berjalan lancar dan seru. Anak2 senang, orang tuanya pun bahagia. Makanannya enak2 dan berlimpah. Tempatnya indah dan menyenangkan. Petugas2nya ramah2 dan helpfull. Recommended banget untuk acara gathering dengan anak2. Thumbs up untuk Alang-alang Nature Camp. Semoga fasilitas dan program2nya semakin baik dan berkembang. Let's go to Alang-alang..!

love you all

1. "Semakin mendekati lokasi, jalanannya semakin sempit dan cukup curam" >>> Ke sana bawa kendaraan apa, Bu? Sedan bisa lewat?

Di website alangalang juga ada comment jalan yang sempit dan curam.

Terimakasih.

1. Rombongan kita ada yg bawa Grand Livina, Jazz dan Ford Fiesta. Yg penting tarikannya kuat dan tidak terlalu ceper.

Popular posts from this blog

Liburan Keluarga di Ciater Camping Park ( Part 1)

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga liburan bareng sepupu2. Udah lamaa direncanakan, tapi tau sendiri deeh gimana susahnya ngatur skejul. Jangankan liburan yang nginep, mau ketemuan aja jarang2 bisanya, padahal cuma 3 keluarga loh inii. Duh duuuh nasib orang Jakarta yaa.. Setelah silaturahim pas lebaran kemarin,  kamipun sepakat untuk merencanakan lagi liburannya dengan serius. Lalu kami membuat WA grup dan diskusi dilanjutkan di sana. Awalnya kami merencanakan liburan ke Teluk Kiluan di Lampung, pas lihat peta loh kok jauh. Trus ganti tujuan ke Ujung Kulon, eh masih berasa jauh juga. Ganti lagi ke Anyer, ah kayaknya kurang sreg. Pindah tujuan ke Garut, tapi kok ngga nemu tempat nginep yang sesuai kemauan kita.  Akhirnya setelah browsing2 lagi, ketemulah si Ciater Camping Park ini di blognya tesyaskinderen dan aku langsung jatuh hati.  Langsung deh aku lempar ke grup dan direspon baik oleh yang lain. Sebelum berubah pikiran lagi, cusss ketok palu deh.. Bismillah, kita campi

My Umroh Journey (Part 3)

Day 3, Pemaknaan Kota Mekkah-Berkunjung ke Peternakan Unta-Ambil Miqot di Hudaibiyah-Umroh yang kedua. Hari selanjutnya, kami dijadwalkan mengikuti pemaknaan kota Mekkah di suatu gedung pertemuan, kemudian mengunjungi peternakan unta dan mencicipi susu unta segar, serta mengambil miqot di mesjid Hudaibiyah yang tak jauh dari peternakan unta dan kemudian langsung menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umroh yang kedua. Menurut perkiraan, hari ini seharusnya adalah tanggal 1 Ramadhan. Namun ternyata semalam setelah menunggu2 pengumuman dari pemerintah Arab Saudi, 1 Ramadhan ternyata jatuh pada besok harinya. Padahal semalam setelah makan malam kita langsung ngacir ke mesjid bersiap2 hendak sholat taraweh. Pagi2 setelah sarapan, kami lalu berkumpul di lobby kemudian berangkat naik bus ke gedung pertemuan. berkumpul di lobby  Itulah pertama kali aku menyaksikan suasana kota Mekkah pada siang hari di luar area hotel dan Masjidil Haram. Disana sini masih banyak re

“The Playground” and ”Playparq”, the best place for a superfun playdate ever..!

Bosen ngajak anak2 ke mall? Ho oh, sammaaa..! Pinginnya ke suatu tempat yang beda gitu.. yang outdoor, yang anak2 bisa main bebas lepas menyalurkan energi tanpa kena hawa AC melulu.. Untungnya saya nemu sebuah cyber forum yang sedang ramai membahas tentang sebuah tempat bermain outdoor untuk anak di Jakarta. Ada dua tempat yang sepertinya sangat direkomendasikan oleh forum tsb. Yes… The Playgorund dan Playparq , yang keduanya terletak di daerah Kemang. Maka meluncurlah kami kesana. Yang pertama kami datangi adalah The Playground. Pertama kali kesana sekitar awal tahun 2011. Lalu yang kedua, April 2013 kemarin, pas Ano ulangtahun yang ke-4. The Playground The Playgorund ini sungguh teramat sangat menyenangkan untuk anak2 usia 2-8 tahunan. Begitu masuk, kami langsung terpaku melihat tempatnya yang begitu bersih, colourful, dan rindang. Permainannya bermacam2, dan standar safetynya pun sudah standar luar negeri. Lantai dialasi karpet tebal dan anti slip. Area permainan pun di