Skip to main content

It's our GLAMPING DATE..!

Wiken kemarin, kami ke Ciater lagi bersama keluarga teman2nya Ano.

Karena playdate is so yesterday, maka sebagai emak2 jaman now, kamipun merencanakan Glamping Date. Apa itu Glamping? Glamping itu singkatan dari Glamorous Camping, yang artinye camping ngga mau susah alias camping manja alias camping2 jambu..

Gimana ngga manja, di dalam tenda ada dipan dan kasur yang lumayan empuk. Kamar mandi dan toilet terletak persis di samping tenda. Mobil juga bisa diparkir di sebelah. Colokan listrik tersedia, jadi urusan ngecharge aman sentosa. Masak nasi tinggal colok rice cooker. Manja bukan?

Sabtu pagi, kami berangkat dari rumah jam 5 lewat 15. Konvoi dengan keluarga Rasyid sampai rest area km 57 Cikampek, lalu kami ketemuan dengan keluarga Bintang. Dari sana kami konvoi bertiga sampai Ciater.

Jalanan relatif lancar, hanya macet sedikit di Cikampek. Kami mengambil rute Cikampek-Cipali-lalu keluar di exit toll Subang. Sempat agak macet sebentar di Cagak, lalu kamipun tiba di Ciater sekitar jam 10 pagi.

Karena masih belum bisa check in, kami lalu masuk ke area rekreasi Sari Ater. Di sini keluarga Raka juga sudah sampai dan ikut join bersama kami.

Di dalam area rekreasi ini terdapat kolam2 air hangat dari sumber mata air alami. Masuk ke sini sudah ngga bayar lagi karena sudah include biaya menginap. Di sini anak2 berendem dan main air sebentar. Papa Rasyid sempat pijet refleksi di pinggir kolam. Aduh enak banget kayaknya.

Setelah sekitar 1 jam di sana, kami lalu siap2 beranjak ke lokasi camping, sekalian makan siang di Saung Patani yang berada di area camping park. Dari area rekreasi pintu utama ke area camping park berjarak sekitar 2 km.

Saung Patani adalah restoran Sunda yang berada di dekat pintu masuk camping park. Tempatnya nyenengin deh. Di tengah2 ada kolam ikan yang dikelilingi oleh saung2 lesehan. Kesannya ndeso banget. Makanannya juga enak2. Kami memesan paket nasi liwet untuk 4 orang. Isinya nasi putih (bisa diganti nasi merah), ayam bakar, tahu tempe goreng, ikan asin, semur jengkol, sayur asem, karedok, kerupuk, lalapan, sambel dan teh tawar hangat. Harganya 215 ribu saja. Cukup murah ya..!

Di sana ada baju2 khas Sunda yang bisa kita pinjam untuk foto2. Seru juga loh. Sayangnya saat kita di sana sedang banyak lalat. Ngga tahu deh karena musim hujan atau gimana. Cukup mengganggu sih. Tapi alhamdulillah semua seneng2 aja.. ^^

paket ber 4, sayur asem, karedok dan kerupuk belum kefoto

paket personal

ala2 Bu Tani

Kelar santap siang, leyeh2 dan foto2, kami lalu langsung menuju tenda. Saat kami tiba, sebagian keluarga lainnya sudah sampai di sana. Anak2 seneng banget saat melihat teman2nya. Mereka langsung berhamburan keluar mobil dan menyapa teman2nya yang duluan sampai.

tenda kami

Setelah tenda kami siap, kami langsung masuk dan beres2 sementara anak2 sudah sibuk dengan teman2nya. Adysa langsung minta naik kuda. Setelah itu lanjut main2 lagi. Mereka tampak bahagia sekali bisa berkumpul dengan teman2 sekolahnya dalam suasana yang seru seperti ini.

langsung minta naik kuda

main UNO di tenda

exploring

main tenis meja

Hujan sempat turun sebentar. Setelah reda, anak2 lalu nyebur ke kolam rendam. Waah seru bangett dingin2 berendam di air hangat sambil bercanda dengan teman2. Papa Mama mengawasi mereka dari pinggir kolam sambil foto2 sana sini. Pemandangan di kolam rendam cukup indah. Dengan latar belakang bukit hijau yang cantik. Cucok buat difoto2.

Sementara itu, sebagian Ibu2 menyiapkan cemilan hangat. Ada dimsum, cilok, kebab, dan kaki naga yang semuanya yummii tentu saja. Dari hotel kita juga dapet snack sore berupa singkong goreng dan bandrek. Kami lalu menyusun makanan dan minuman itu di pondok api unggun.

pondok api unggun

masak2

Kelar main air, anak2 lalu mandi sore dan siap2 menyantap cemilan. Bu Tuti mulai menggoreng ayam untuk makan malam. Beberapa Ibu dibantu anak2 juga menyiapkan jagung, sosis dan marshmellow untuk dipanggang malam harinya. Nasi juga sudah dimasak. Minuman hangat, susu kotak dan biskuit2 juga sudah tersedia. Masya Allah, lengkap..! Alhamdulillah..

Saat magrib tiba, semua langsung menuju musholla untuk sholat berjamaah. Setelah itu kembali lagi ke pondok api unggun untuk makan malam, barbeque-an, dan main games. Games nya seruuu deh. Sukses membuat kami tertawa geli sepanjang acara. Anak2 dan orang tua, semua bermain dengan sportif. Kompak dan nyenengin bangett..!

musholla

Malam itu kami habiskan dengan gembira. Anak2 seperti ngga abis2 tenaganya. Maiin terus. Yang cowok2 asyik main tenis meja, sementara yang cewek2 sibuk mengobrol bergerombol di atas delman. Para orang tua juga asyik mengobrol macam2, sambil comot2 sana sini. Menyeruput teh tarik hangat di malam yang dingin sambil berkumpul dengan orang2 yang menyenangkan. Sungguh malam yang luar biasa..!

antri makan malam

Tiba waktunya istirahat, kami lalu kukut2 membereskan pondok api unggun. Anak2 juga kooperatif saat disuruh istirahat dan masuk ke tenda masing2. Kami lalu tdur dengan nyenyak sampai besok pagi.

Esok paginya, kami bangun jam 4 lewat. Sayup2 terdengar adzan subuh di musholla. Anak2 lalu sholat subuh di sana. Bu Tuti kemudian berinisiatif merebus air dan jagung untuk menghangatkan badan di udara pagi yang dingin ini. Alhamdulillah, untung ada Bu Tuti yang helpful banget. Air panas dan jagung rebusnya langsung diserbu oleh anak2 dan Mama2 yang berdatangan ke tenda kami sambil membawa cangkir.

Kami lalu bersiap2 untuk jalan pagi dan sarapan. Setelah semuanya berkumpul, kamipun memulai jalan pagi mengelilingi area camping park. Sambil jalan2, sambil foto2 tentunya. Udara pagi di sana segar sekali. Anak2 lalu berhenti sebentar di kandang marmut. Lalu lanjut jalan lagi. Berhenti lagi di lapangan Musang. Foto2 sebentar. Setelah puas, barulah kami menuju Breakfast Terrace untuk sarapan.

Menu sarapannya cukup lengkap. Ada nasi putih, nasi goreng, tumis sayuran, ayam, omlet, sosis, bakwan, bubur ayam, bubur ketan hitam, aneka roti, aneka cereal, aneka buah dan aneka jus.

Setelah sarapan, dilanjut dengan acara bebas. Beberapa keluarga ada yang ke area rekreasi, ada yang main ATV, dan ada yang istirahat di tenda saja. Karena kami sudah ke area rekreasi kemarinnya, jadi kami memutuskan stay di tenda saja sambil istirahat dan beres2. Anak2 tentu saja main di luar. Adysa dan mba Anya nyebur lagi ke kolam dengan teman2nya. Setelah itu lanjut main ke kandang marmut dan monyet. Di sana mereka asyik memberi makan marmut dan menggoda monyet2. Sementara mas Ano lanjut main tenis meja. Setelah capek, dia lalu main game di tab dengan teman2nya.

Tibalah waktunya check out. Kamipun saling berpamitan dan pulang ke Jakarta masing2. Ada yang singgah ke Tangkuban Perahu dulu, ada yang mau ke Sate Maranggi dulu, ada yang hunting empal dulu. Alhamdulillah semua tiba di rumah dengan sehat dan selamat.

Syukur alhamdulillah, liburan kami berjalan lancar dan sukses. 10 keluarga yang confirm ikut semuanya bisa berangkat. Anak2 sehat dan ngga ada halangan apapun di perjalanan. Hujan yang kami khawatirkan akan menghambat kegiatan kami selama di sana juga ternyata turunnya hanya di awal2 saja. Semoga liburan ini bermanfaat mengeratkan tali persahabatan dan kasih sayang di antara kami. Juga bisa menjadi momen untuk lebih bersyukur, berterima kasih kepada Allah atas nikmat alam yang indah, nikmat kesehatan dan kesempatan bisa berkumpul bersama teman2 tersayang. Alhamdulillah.. alhamdulillah..

Cerita dan info2 tentang camping park ini bisa dilihat di sini yaa..

Popular posts from this blog

Liburan Keluarga di Ciater Camping Park ( Part 1)

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga liburan bareng sepupu2. Udah lamaa direncanakan, tapi tau sendiri deeh gimana susahnya ngatur skejul. Jangankan liburan yang nginep, mau ketemuan aja jarang2 bisanya, padahal cuma 3 keluarga loh inii. Duh duuuh nasib orang Jakarta yaa.. Setelah silaturahim pas lebaran kemarin,  kamipun sepakat untuk merencanakan lagi liburannya dengan serius. Lalu kami membuat WA grup dan diskusi dilanjutkan di sana. Awalnya kami merencanakan liburan ke Teluk Kiluan di Lampung, pas lihat peta loh kok jauh. Trus ganti tujuan ke Ujung Kulon, eh masih berasa jauh juga. Ganti lagi ke Anyer, ah kayaknya kurang sreg. Pindah tujuan ke Garut, tapi kok ngga nemu tempat nginep yang sesuai kemauan kita.  Akhirnya setelah browsing2 lagi, ketemulah si Ciater Camping Park ini di blognya tesyaskinderen dan aku langsung jatuh hati.  Langsung deh aku lempar ke grup dan direspon baik oleh yang lain. Sebelum berubah pikiran lagi, cusss ketok palu deh.. Bismillah, kita campi

My Umroh Journey (Part 3)

Day 3, Pemaknaan Kota Mekkah-Berkunjung ke Peternakan Unta-Ambil Miqot di Hudaibiyah-Umroh yang kedua. Hari selanjutnya, kami dijadwalkan mengikuti pemaknaan kota Mekkah di suatu gedung pertemuan, kemudian mengunjungi peternakan unta dan mencicipi susu unta segar, serta mengambil miqot di mesjid Hudaibiyah yang tak jauh dari peternakan unta dan kemudian langsung menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umroh yang kedua. Menurut perkiraan, hari ini seharusnya adalah tanggal 1 Ramadhan. Namun ternyata semalam setelah menunggu2 pengumuman dari pemerintah Arab Saudi, 1 Ramadhan ternyata jatuh pada besok harinya. Padahal semalam setelah makan malam kita langsung ngacir ke mesjid bersiap2 hendak sholat taraweh. Pagi2 setelah sarapan, kami lalu berkumpul di lobby kemudian berangkat naik bus ke gedung pertemuan. berkumpul di lobby  Itulah pertama kali aku menyaksikan suasana kota Mekkah pada siang hari di luar area hotel dan Masjidil Haram. Disana sini masih banyak re

“The Playground” and ”Playparq”, the best place for a superfun playdate ever..!

Bosen ngajak anak2 ke mall? Ho oh, sammaaa..! Pinginnya ke suatu tempat yang beda gitu.. yang outdoor, yang anak2 bisa main bebas lepas menyalurkan energi tanpa kena hawa AC melulu.. Untungnya saya nemu sebuah cyber forum yang sedang ramai membahas tentang sebuah tempat bermain outdoor untuk anak di Jakarta. Ada dua tempat yang sepertinya sangat direkomendasikan oleh forum tsb. Yes… The Playgorund dan Playparq , yang keduanya terletak di daerah Kemang. Maka meluncurlah kami kesana. Yang pertama kami datangi adalah The Playground. Pertama kali kesana sekitar awal tahun 2011. Lalu yang kedua, April 2013 kemarin, pas Ano ulangtahun yang ke-4. The Playground The Playgorund ini sungguh teramat sangat menyenangkan untuk anak2 usia 2-8 tahunan. Begitu masuk, kami langsung terpaku melihat tempatnya yang begitu bersih, colourful, dan rindang. Permainannya bermacam2, dan standar safetynya pun sudah standar luar negeri. Lantai dialasi karpet tebal dan anti slip. Area permainan pun di