Skip to main content

Camping Ceria di Cikole

Wiken kemarin, kami dan 12 keluarga lain camping bersama di Grafika Cikole, Lembang. Kami sudah merencanakan acara ini jauh2 hari. Booking tempat pun sudah dilakukan beberapa bulan sebelumnya. Akhirnya hari yang dinantikan pun tiba juga, yeayyy..  excited to the maxx.!

Beberapa hari menjelang hari H, beberapa anak sempat sakit termasuk Mas A. Wiih lumayan deg2an kuatir ngga bisa berangkat. Tapi alhamdulillah pas hari H, semua anak sudah getting better dan bisa berangkat dengan gembira..

Kami berangkat dari rumah setelah subuh. Mampir sarapan dulu di rest area KM 19, lalu lanjut lagi menuju Bandung. Rombongan lain ada yang janjian di rest area KM 57 lalu konvoy via Subang. Konon lewat Subang memang lebih lancar dibanding lewat Bandung.

Karena kami pingin mampir dulu ke The Lodge, jadinya mau ngga mau mesti lewatin Bandung dan jalan Setiabudi yang terkenal macet itu. Untunglah macetnya ngga terlalu parah. Sempet ngelewatin Farmhouse yang sedang heitss itu, pingin mampir tapi maaaak ramenyaa.. Akhirnya cuma lewat doang..

Kami tiba di The Lodge siang hari, makan dan foto2 sebentar, lalu langsung capcus ke Cikole. Papa lalu mengikuti arahan dari GPS karena ngga ngerti jalan dari The Lodge ke Cikole. Ternyataaa, jalan yang diinfo GPS mblasuk2 ke hutan, ke kebun sayur, ke jalan2 kecil dan curam.. whoaaa.. horor bangett.. wkwkwk.. abis itu si Papa kapok pake GPS nya..

Alhamdulillah akhirnya nemu jalan raya juga. Seneeeng banget kita akhirnya nemu peradaban.. wkwkwk.  Ngga lama kamipun tiba di Grafika Cikole. Rombongan yg lain ternyata juga sudah sampai. Kami lalu check in di resepsionis.

Setelah menyelesaikan administrasi (thanks bu Panitia tersayang), kami lalu diantar menuju tempat masing2. Sebagian ada yang di kamar hotel, ada juga yang di pondokan dan selebihnya di tenda. Kami tentu saja memilih tenda. Selain lebih hemat juga lebih seru dong pastinya.. heuheuheu..

Tenda kami berada di area camping massal. Cukup jauh dan jalannya menanjak. Aku beberapa kali harus berhenti karena nafas yang tersengal2. Secara sambil bawa barang2 sedemikian rupa. Untung anak2 sudah gede2, jadi mereka bisa membawa barang mereka masing2 di ransel.

Akhirnya nyampe juga di tenda dengan wajah pucat karena ngos2an.. hahaha. Ampuun deh ini napsu besar tenaga kurang sepertinya. Nyampe tenda langsung beberes. Nyusun2 tas. Lalu langsung leyeh2 menikmati suasana sekitar..

love this view
area camping

Mbil in action

Sore itu udara cukup dingin. Area camping massal ini terlihat ramai. Ada beberapa rombongan besar yang sepertinya sedang gathering. Mereka terlihat kompak dengan kaos seragam. Kamipun menikmati sore itu dengan berjalan2 di sekitar tenda. Foto2, leyeh2, ngobrol2.. Anak2 terlihat senang sekali bisa bermain dengan teman2nya di alam terbuka segar seperti ini..

Di area camping ini, disediakan station untuk tempat galon aqua dengan dispenser hot n cold. Jadi kita ngga perlu bawa2 minuman, cukup bawa mug/tumbler saja. Kalau suka ngeteh/ngopi, tinggal bawa teh celup, kopi saset dan gula.  Di station ini juga disediakan colokan listrik untuk mencharge hp dan kamera. Kamar mandi berada tak jauh dan jumlahnya lumayan banyak. Kondisinya lumayan lah, walau ngga bisa dibilang bersih banget. Airnya dingiiin luar biasa. Pssstt, selama di sini, yang mandi cuma aku looh.. *bangga. Papa dan anak2 cukup gantih bajuh sajah.. hohoho

Malamnya, kami ngumpul2 di area pondokan sambil bakar api unggun. Beberapa Mama membawa sosis dan marshmallow. Malam yang dingin pun menjadi hangat. Kami lalu membakar jagung, sosis dan marshmallow, sambil ngeteh, ngopi dan nyemil2 pisang goreng, colenak dan tempe mendoan.

Note : Jagung diberikan gratis untuk yang di tenda dan pondokan. Per tenda dapet 4 jagung dan yang di pondokan dapet 6 jagung. Sementara yang di hotel ngga dapet jagung.
Selain jagung, yang di tenda juga dapet popmie 4 cup. Sementara yang di hotel dan pondokan mendapat voucher sarapan pagi.
Kopi, teh, pisang goreng dkk (menu coffee break tradisional) kami pesan saat reservasi, harganya 20 rb/paket.

Acaranya seruu sekali. Anak2 antusias banget memanggang sosis dan marshmallow mereka di api unggun. Pengalaman pertama untuk anak2ku, dan sebenernya untuk emaknya juga sihh.. Sambil makan2, Ayahnya Senja dan Enjang membuka sesi ramah tamah. Diselingi tingkah polah anak2 yang lucu2. Alhamdulillah, semoga semakin mempererat ukhuwah yaa.. aamiin..

Setelah selesai, kamipun balik ke tenda. Anak2 langsung tidur nyenyaaak banget.  Aku yang khawatir mereka bakal rewel karena kedinginan ternyata bisa tenang. Cikole ternyata tak sedingin Ranca Upas. Cukup pakai sleeping bag dan tidur umpel2an di tenda saja sudah berasa hangat. Kalau di Ranca Upas, sudah pakai selimut tebel, sarung tangan,kaos kaki dan baju berlapis2 pun masih kedinginan.. brrr..

Note : di dalam tenda tidak disediakan lampu, jadi kita harus bawa sendiri lampu emergency atau senter dari rumah.

Besok paginya kami bangun dengan ceria. Hari ini, jadwalnya trekking ke hutan pinus dan outbond untuk anak2. Yeayyy ngga sabaar..!

Selamat pagiii..!

brrrr.. dingiin

Yang ikut trekking hanya mba Anya dan Papa beserta rombongan lain. Mama, Adysa dan Ano main aja di tenda sambil foto2. Sekalian beberes dan mandi. Brrrr, airnya dingin binggoo..!

Kata Papa, trekkingnya seru. Melewati hutan pinus yang keren. Juga melewati venue nya PON yang saat itu sedang berlangsung di Jabar. Alhamdulillah jadi wawasan baru untuk mba Anya. Kata Papa, mba Anya sempat melihat penyadapan getah pohon pinus juga.

serunya trekking di hutan pinus

venue PON XIX

para peserta trekking

getah pohon pinus

Setelah pulang trekking, kami lalu bersiap2 ganti baju untuk outbond. Kami janjian memakai baju merah biar lebih semangat.. yuhuuu.. outboondd..!!

Sambil nunggu outbond, kami lalu foto2 dulu di area pondokan yang jadi highlightnya tempat ini. Lucu deh itu pondok2 kayu kecil warna hijau, kayak rumah2 kurcaci.

Kalau ada kesempatan ke sini lagi bersama sepupu2nya anak2, kami ingin book pondokan yang di depannya ada tenda seperti ini.. Jadi anak2 bisa tetap seru2an bobok di tenda ditemani Papa, sementara ibunya leyeh2 di pondokan.. heuheuheu.. sounds good, eh..?

AKhirnya kita dipanggil untuk Outbond. Anak2 semangaatt banget. Mereka mengikuti kegiatan ini dengan ceria. Ayah ibunya pun ikutan seneng melihat anak2nya pada hepi dan kompak..

Outbond nya lanjut ke rumah pohon. Di rumah pohon ada beberapa rintangan yang harus dilalui anak2. Cukup tinggi juga loh. Hebat juga nih bocah2 pada berani. Emaknya belum tentu bisa.  Habis itu lanjut flying fox.. woohoo the best part banget ini flying fox. Beberapa anak ada yg awalnya takut2, tapi pas lihat temen2nya pada berani akhirnya ikutan berani juga.. hihihi. Bahkan ada yang sampe 2 kali meluncur.. hebbatt..

antre flying fox

meluncuuurrr....

Setelah acara outbond selesai, kamipun siap2 check out. Pas mau balik ke tenda, eeh hujan turun lumayan deres. Akhirnya nunggu dulu di saung2 sambil makan bakso dan es campur.  Setelah reda, kami balik ke tenda dan membawa barang2 ke mobil.

Kami lalu pulang via Subang. Papa bilang kita nanti singgah dulu makan sate maranggi di Purwakarta. Asyiiik.. nyam nyam nyaam.. Setelah melahap sate dan sop dengkul sapi, kamipun pulang ke rumah. Alhamdulillah nyampe rumah paaas banget sama adzan maghrib.. ah leganya..

the femeess sate maranggi

sop dengkul

endeeuss
Terima kasih buanyaakkkk untuk 12 keluarga keren yang telah menemani kami menghabiskan wiken yang super seru ini. Terlebih buat ibu2 Panitia yang baik hati, yang udah rela repot2 ngurusin ini itu.. Semoga Allah membalasnya dengan beribu kebaikan.. aamiin.. Kapan lagi kita kemanaaa...????

Note :
Jadwal makan kami selama di Cikole :
- Tiba di Grafika Cikole (GC) jam 2 siang dalam kondisi sudah makan di the Lodge, jadi masih kenyang
- Sore2 makan cemilan yang dibawa dari rumah. Roti2, snacks, popmie, dll
- Malam rencananya mau pesen makan di restonya GC, tapi ternyata jagung bakar dan menu coffee break sudah bikin kenyang. Jadi batal pesen nasi.
- Paginya, sarapan roti dan sereal yang dibawa dari rumah.
- Siangnya makan pakai nasi box dari GC yang kami pesan saat reservasi. Kami memesan yang harga  25 ribu. Minimal pesanan 20 box. Harga nasi box bervariasi. Dan bisa juga disediakan dlm bentuk prasmanan.
- Pihak GC tidak memperbolehkan pengunjung membawa alat masak dan masak2 di sana. Tapi saya perhatikan ada bbrp campers yang membawa kompor dkk dan masak2.
- Di GC kita bisa memesan makanan dan makan di saung2 yang berada di dekat pintu masuk.

Popular posts from this blog

Liburan Keluarga di Ciater Camping Park ( Part 1)

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga liburan bareng sepupu2. Udah lamaa direncanakan, tapi tau sendiri deeh gimana susahnya ngatur skejul. Jangankan liburan yang nginep, mau ketemuan aja jarang2 bisanya, padahal cuma 3 keluarga loh inii. Duh duuuh nasib orang Jakarta yaa.. Setelah silaturahim pas lebaran kemarin,  kamipun sepakat untuk merencanakan lagi liburannya dengan serius. Lalu kami membuat WA grup dan diskusi dilanjutkan di sana. Awalnya kami merencanakan liburan ke Teluk Kiluan di Lampung, pas lihat peta loh kok jauh. Trus ganti tujuan ke Ujung Kulon, eh masih berasa jauh juga. Ganti lagi ke Anyer, ah kayaknya kurang sreg. Pindah tujuan ke Garut, tapi kok ngga nemu tempat nginep yang sesuai kemauan kita.  Akhirnya setelah browsing2 lagi, ketemulah si Ciater Camping Park ini di blognya tesyaskinderen dan aku langsung jatuh hati.  Langsung deh aku lempar ke grup dan direspon baik oleh yang lain. Sebelum berubah pikiran lagi, cusss ketok palu deh.. Bismillah, kita campi

My Umroh Journey (Part 3)

Day 3, Pemaknaan Kota Mekkah-Berkunjung ke Peternakan Unta-Ambil Miqot di Hudaibiyah-Umroh yang kedua. Hari selanjutnya, kami dijadwalkan mengikuti pemaknaan kota Mekkah di suatu gedung pertemuan, kemudian mengunjungi peternakan unta dan mencicipi susu unta segar, serta mengambil miqot di mesjid Hudaibiyah yang tak jauh dari peternakan unta dan kemudian langsung menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umroh yang kedua. Menurut perkiraan, hari ini seharusnya adalah tanggal 1 Ramadhan. Namun ternyata semalam setelah menunggu2 pengumuman dari pemerintah Arab Saudi, 1 Ramadhan ternyata jatuh pada besok harinya. Padahal semalam setelah makan malam kita langsung ngacir ke mesjid bersiap2 hendak sholat taraweh. Pagi2 setelah sarapan, kami lalu berkumpul di lobby kemudian berangkat naik bus ke gedung pertemuan. berkumpul di lobby  Itulah pertama kali aku menyaksikan suasana kota Mekkah pada siang hari di luar area hotel dan Masjidil Haram. Disana sini masih banyak re

“The Playground” and ”Playparq”, the best place for a superfun playdate ever..!

Bosen ngajak anak2 ke mall? Ho oh, sammaaa..! Pinginnya ke suatu tempat yang beda gitu.. yang outdoor, yang anak2 bisa main bebas lepas menyalurkan energi tanpa kena hawa AC melulu.. Untungnya saya nemu sebuah cyber forum yang sedang ramai membahas tentang sebuah tempat bermain outdoor untuk anak di Jakarta. Ada dua tempat yang sepertinya sangat direkomendasikan oleh forum tsb. Yes… The Playgorund dan Playparq , yang keduanya terletak di daerah Kemang. Maka meluncurlah kami kesana. Yang pertama kami datangi adalah The Playground. Pertama kali kesana sekitar awal tahun 2011. Lalu yang kedua, April 2013 kemarin, pas Ano ulangtahun yang ke-4. The Playground The Playgorund ini sungguh teramat sangat menyenangkan untuk anak2 usia 2-8 tahunan. Begitu masuk, kami langsung terpaku melihat tempatnya yang begitu bersih, colourful, dan rindang. Permainannya bermacam2, dan standar safetynya pun sudah standar luar negeri. Lantai dialasi karpet tebal dan anti slip. Area permainan pun di