Skip to main content

Mama's Project : Playdate Para ABG





Si sulungku yang bentar lagi jadi ABG ini ingin sekali mengundang teman2 sekelasnya yang perempuan untuk ngumpul dan main bersama di rumah. Hemmm, oke baiklah. Karena Mamanya pas lagi semangat bikin2 acara, pas juga anak2 lagi libur sekolah dan pas pula bulan ini bulan kelahirannya si Sulung. Jadilah playdatenya dibikin segera.. yeayy si Sulung seneng banget.

 Mamanya juga ikut semangat karena udah lamaaa banget gak bikin2 something very special untuk acara di rumah.. Apalagi temen yang diundang cuma yang cewek2 yg jumlahnya cuma 4 orang. Hemm, bisalaah Mamanya berkreasi agak heboh dikit.. wkwkwk

Hokeeiy, seperti biasaa.. browsing2 dulu nyari ide. Ngubek2 Google Image dan Pinterest, nyari ide dekor yang gimana yang simpel tapi bagus daaaan tidak menguras dompet Papa. Ubek sana ubek sini akhirnya nemu deh beberapa contoh dekor simpel dan girly.. sepertinya bahan2nya pun gak mahal dan bisa dibikin sendiri.. siipp lah.. lanjuut..

Untuk hidangan makanannya, lumayan agak lama mutusin menunya apa. Secara harus nyari menu yg gampang dibuat dan disukai anak2 abege lucu ini. Secara yaa, faktor U ga bisa boong. Udah ga sanggup lagi rasanya bikin makanan yang ribet2 kayak dulu. Aiishhhh... *cek kerutan di jidat
Akhirnyaah daripada bingung2.. keputusan diserahkan pada si Sulung, terserah dia maunya apa. Syukurlah rikuesannya gak terlalu ribet.. fyuuh, lega emaknya..

Untuk goodie bag.. as always.. pinginnya yang personalize. Yang gak ada duanya, tapi yang murah. Nah lhooo.. wkwkwk. Dasar makirit.. udah pelit banyak maunya. Untuung aja kemarin sempet belajar bikin Knot Bag bareng Ibu2 di sekolahan. Jadi muncul ide bikin knot bag deh utk goodie bagnya..
Ahaa.. spesial tapi gak mahal..!
Untuk isinya, pinginnya sesuatu yang bermanfaat. Akhirnya diputuskan pesen Mug dengan desain customize.

Aktivitas playdate sepenuhnya aku serahkan lagi pada si Sulung. Dia memilih aktivitas berkreasi dengan Kokoru..

Setelah melalui banyak mikir, banyak revisi dan banyak galau.. akhirnya final juga semua  work plan. Yuhuu.. ga sabar menanti hari H...!

Sepuluh hari sebelum hari H, aku udah mulai mencicil bikin Knot Bag nya. Alhamdulillah kelar dalam 3 hari. Lalu belanja juga dicicil sesuai lokasi. Misal, hari ini ke pasar beli ayam dan bahan2 basah lainnya. Trus besoknya ke swalayan beli printilan2 kayak saus, jamur kalengan, dll. Lalu lusanya ke toko peralatan craft. Nah urusan belanja2 ini udah harus kelar sebelum H-3 biar gak pontang panting. Kenapa dicicil belanjanya? Hehe biar gak capek aja sih.. inga ingaaa faktor uuuu... tiiingg..!

Makanan juga sudah mulai bisa diproses sejak H-2. Menu makanan yang akan dibuat dan work plan nya sbb:

- Main Course : Fillet dada ayam goreng + sosis, kentang goreng, sayuran dan saus krim jamur. Minumnya air putih.

- Dessert Table : Japanese Cheesecake dengan topping buah2an, Cupcake topping
Krim Coklat, Zuppa Soup, Es Lilin, Jus Apel dan Air Mineral.

Work Plan:
H-2. Bikin steak dada ayam dan saus krim jamur, lalu taruh freezer.
H-1. Pagi bikin cheesecake. Lanjut bikin cupcake.
Sorenya bikin isian zuppa soup lalu taruh freezer. Potong2 pastry zuppa soup sesuai ukuran cup. Simpan di tuppy dan masukkan kulkas.
 Setelah itu bikin topping cupcake dan hias cupcake. Masukkan chiller.
Lalu hias cheesecake. Masukkan chiller.

Hari H (acara mulai jam 9 pagi). Setelah subuh, keluarkan ayam, saus krim, french fries, veggies beku dan sosis dari freezer. Thawing sebentar.

Lalu panaskan oven utk memanggang Zuppa soup. Sambil menanti oven panas, siapkan Zuppa soupnya. Masukkan isi ke cup dan tutup dgn pastry. Oles pastry dgn kuning telur. Masukkan ke oven jika suhu oven sudah cukup tinggi.

Sambil menunggu zuppa soup matang, mulai beberes rumah. Pasang dekor. Hias dessert table. Sapu sapu.. geser geser..

Setelah zuppa soup matang, tata di dessert table. Setelah si table komplit, ngacir dan mandilah sebelum tamu datang.

Main course disantap saat jam makan siang. Jadi goreng ayam, goreng kentang, menumis veggies, membakar sosis dan memanaskan saus krim dilakukan saat tamu2 cilik sedang berkegiatan.

Alhamdulillah.. semua rencana berjalan lancar. Si Sulung seneng bangeet, emaknya pun jadi ikut bahagia walau betis jadi keriting dan pinggang berasa mau copot. Hihihi..

Yuuk diintip foto2nya..

Tadaaa.. the Dessert Table ala ala..
Hiasan backgroundnya dari kertas krep yg digunting2 trua distaples ke pita panjang. Flag buntingnya jahit sendiri dari sisa2 kain knot bag. Meja putihnya itu ngembat dari kamar atas, belinya murmer di IKEA. Sebenernya itu 2 meja.. disatuin biar panjang. Kakinya diiket pake pita biar gak geser2.
Trus, properti lainnya hasil nyomot dari dapur. Ada lazy susan pink utk tempat nongkrongnya si cheesecake. Ada tiers andelan utk cupcake. Ada tiers putih yang cuma diambil bagian bawahnya aja utk tempat zuppa soup. Bagian bawahnya diganjel pake mangkok putih biar jadi  agak tinggi..

Untuk air mineralnya, aku nemu Cleo dengan kemasan pink kayak gitu. Dilepas merknya, tadaaa.. hasilnya kece juga. Jadi matching ditaro di meja itu. Lalu cup plastik beli di grand lucky, sedotan biru nemu di hypermart. Oh iya tak lupa es loli merk es bonbon warna putih, ungu dan pink ditaro di wadah kaca bening..



  1. Cheesecakenya sengaja ditopping full buah2an biar kelihatan seger. Tadinya gak nemu stroberi di toko2 buah sekitar sini, jadinya cuma anggur, kiwi dan jeruk yang ditaro. Untungnya Papa pulang kerja bisa dapet stroberinya, lumayan walau ditaro di samping2 tapi tampilannya jadi makin seger ada merah2nya..








    Ini main coursenya. Alhamdulillah anak2 pada suka. Cuttlery set warna pink itu beli di grand lucky. Lucu yaa..



    Nomnomnooomm..




    Kalo yang ini untuk dibawa pulang.. 

Naaah.. ini dekorasi di halaman belakang. Niru2 konsep yang lagi kekinian euuy.. Ada teepee tent dan papan tulis. Dengan bunting flag warna warni.
Teepee tent nya pinjeman dari seorang teman yang baik hati
. Abiiis..klo beli mahal siih.. heuheuheu...
Papan tulisnya dihias pake gambar karya si Sulung.







Yang ini foto saat aktivitas membuat Kokoru. Sebelum bikin2, mereka menyimak dulu instruksinya dari video.. Lalu tak lama mereka pun asyik dengan kreasinya..





Ada yang capek.. ngaso dululaah di tenda.. hihihi


Kokoru si Sulung udah jadii..




Ini goodie bagnya.. si Knot Bag yang bikinnya sampe tengah malem, sampe si Papa dicuekin.. Supaya makin spesial, disematkan pin dengan tulisan nama masing2 anak..


Isi goodie bagnya.. Mug dengan tulisan nama nama mereka



Alhamdulillah semua senaang. Sebelum pulang, foto duluuuu..




Kompak dan akur terus yaaa anak2 cantik dan solehaaa..

Fyuuu.. alhamdulillah playdatenya sukses.. si Sulung senang, emakpun riang.. *tempel koyo di pinggang dan betis*






Comments

Popular posts from this blog

Liburan Keluarga di Ciater Camping Park ( Part 1)

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga liburan bareng sepupu2. Udah lamaa direncanakan, tapi tau sendiri deeh gimana susahnya ngatur skejul. Jangankan liburan yang nginep, mau ketemuan aja jarang2 bisanya, padahal cuma 3 keluarga loh inii. Duh duuuh nasib orang Jakarta yaa.. Setelah silaturahim pas lebaran kemarin,  kamipun sepakat untuk merencanakan lagi liburannya dengan serius. Lalu kami membuat WA grup dan diskusi dilanjutkan di sana. Awalnya kami merencanakan liburan ke Teluk Kiluan di Lampung, pas lihat peta loh kok jauh. Trus ganti tujuan ke Ujung Kulon, eh masih berasa jauh juga. Ganti lagi ke Anyer, ah kayaknya kurang sreg. Pindah tujuan ke Garut, tapi kok ngga nemu tempat nginep yang sesuai kemauan kita.  Akhirnya setelah browsing2 lagi, ketemulah si Ciater Camping Park ini di blognya tesyaskinderen dan aku langsung jatuh hati.  Langsung deh aku lempar ke grup dan direspon baik oleh yang lain. Sebelum berubah pikiran lagi, cusss ketok palu deh.. Bismillah, kita campi

My Umroh Journey (Part 3)

Day 3, Pemaknaan Kota Mekkah-Berkunjung ke Peternakan Unta-Ambil Miqot di Hudaibiyah-Umroh yang kedua. Hari selanjutnya, kami dijadwalkan mengikuti pemaknaan kota Mekkah di suatu gedung pertemuan, kemudian mengunjungi peternakan unta dan mencicipi susu unta segar, serta mengambil miqot di mesjid Hudaibiyah yang tak jauh dari peternakan unta dan kemudian langsung menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umroh yang kedua. Menurut perkiraan, hari ini seharusnya adalah tanggal 1 Ramadhan. Namun ternyata semalam setelah menunggu2 pengumuman dari pemerintah Arab Saudi, 1 Ramadhan ternyata jatuh pada besok harinya. Padahal semalam setelah makan malam kita langsung ngacir ke mesjid bersiap2 hendak sholat taraweh. Pagi2 setelah sarapan, kami lalu berkumpul di lobby kemudian berangkat naik bus ke gedung pertemuan. berkumpul di lobby  Itulah pertama kali aku menyaksikan suasana kota Mekkah pada siang hari di luar area hotel dan Masjidil Haram. Disana sini masih banyak re

“The Playground” and ”Playparq”, the best place for a superfun playdate ever..!

Bosen ngajak anak2 ke mall? Ho oh, sammaaa..! Pinginnya ke suatu tempat yang beda gitu.. yang outdoor, yang anak2 bisa main bebas lepas menyalurkan energi tanpa kena hawa AC melulu.. Untungnya saya nemu sebuah cyber forum yang sedang ramai membahas tentang sebuah tempat bermain outdoor untuk anak di Jakarta. Ada dua tempat yang sepertinya sangat direkomendasikan oleh forum tsb. Yes… The Playgorund dan Playparq , yang keduanya terletak di daerah Kemang. Maka meluncurlah kami kesana. Yang pertama kami datangi adalah The Playground. Pertama kali kesana sekitar awal tahun 2011. Lalu yang kedua, April 2013 kemarin, pas Ano ulangtahun yang ke-4. The Playground The Playgorund ini sungguh teramat sangat menyenangkan untuk anak2 usia 2-8 tahunan. Begitu masuk, kami langsung terpaku melihat tempatnya yang begitu bersih, colourful, dan rindang. Permainannya bermacam2, dan standar safetynya pun sudah standar luar negeri. Lantai dialasi karpet tebal dan anti slip. Area permainan pun di